Tiga Anggota SAR yang Hilang di Morut Ditemukan Selamat

0
340

POSONEWS, Morut – Tiga orang anggota tim SAR Gabungan yang dinyatakan hilang, pasca ditemukannya jenasah anggota Mapala Sagarmatha Untad Palu, ditemukan dalam keadaan selamat, di kawasan gunung Tumbusisi Desa Tambayoli Kecamatan Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara (Morut) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ketiga korban yang ditemukan selamat itu adalah Abdul Rahman Saleh (38) Kanit Intel Polsek Soyo Jaya dan dua anggota Satpol PP Morut yakni Amin Ali (35) dan Rahmat Saputra (33).

SAR Mission Coordinator Basarnas Sulteng, Basrano menyebutkan, pada hari ke tiga, Minggu (12/7/2020) pukul 07.00 Wita, Tim SAR Gabungan melanjutkan pencarian terhadap tiga orang anggota SAR yang hilang tersebut.

Proses evakuasi terhadap tiga korban yang hilang di kawasan gunung Tumbusisi Tambayoli Kecamatan Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara Sulteng, Minggu (12/7/2020) siang. FOTO :DOK BASARNAS SULTENG

Dalam melakukan pencarian kata Basrano, Tim SAR Gabungan membagi tiga Search and Rescue Unit (SRU). Ketiga SRU tersebut bertugas menyisir aliran sungai di sekitarLast Know Position (LKP) atau posisi terakhir korban berada.

Basrano menjelaskan, setelah melakukan pencarian sehari penuh, Minggu (12/7/2020),pada pukul 12: 10 Wita, Tim SAR Gabungan yang masuk dalam Search and Rescue Unit (SRU) 2, menemukan tiga orang korban dengan kondisi Selamat pada koordinat 1°40’14.09″S – 121°20’04.09″E.

“Pada pukul 15:00 Wita, ketiga korban selamat dievakuasi ke Puskesmas Tambayoli dan pada pukul 17:30 Wita, Tim SAR Gabungan tiba di Puskesmas Tambayoli dan menyerahkan ketiga korban ke petugs Puskesmas, untuk mendapatkan pertolongan medis lanjutan terhadap korban,” ujarnya, Minggu (12/7/2020) sore.

Tim Sar Gabungan akhirnya menemukan tuga anggotanya yang hilang di kawasan gunung TumbusisiDesa Tambayoli Kecamatan Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara (Morut) Minggu (12/7/2020) pukul 12.10 Wita. FOTO :DOK BASARNAS SULTENG.

Dia menyebutkan, unsur SAR Gabungan Unit Siaga PP Morowali, Polres Morut, anggota Polsek setempat,Anggota Koramil, BPBD, Tagana, KPA Anak Alam Morowali, Morake, Mapala Sagharmata dan masyarakat setempat. Sedangkan alat yang digunakan dalam pencarian tersebut yakni Satu Unit Rescue CAR Compartement,
Satu Unit Rubber Boat dan Palsar Pendukung Lainnya.

” Alhamdulillah, tiga orang anggota tim SAR Gabungan yang dinyatakan hilang pada, Jumat (10/7/2020) pasca ditemukannya korban anggota Mapala Sagarmatha Untad Palu, ditemukandalam keadaan selamat dan saat ini tengah menjalani perawatan medis di Puskesmas Tambayoli Soto Jaya Morut,” tandasnya. (*/RHM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here