Sinergitas Babinsa Kodim 1307/Poso dan Tim Gugus Tugas Covid-19, Bukti Hadirnya Negara Di Tengah Masyarakat

0
177

POSONEWS, Poso – Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1307/Poso bersama tim Gugus Tugas Pencegahan, Penanganan dan Pengendalian Coronavirus Disease tahun 2019 (Covid-19) Kabupaten Poso, bersinergi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah ini.

Babinsa yang merupakan salah satu kekuatan Kodam (Komando Daerah Militer) yang dinaungi secara berturut-turut oleh Komando Rayon Militer (Koramil), Komando Distrik Militer (Kodim) dan Komando Resort Militer (Korem) ,yang ada di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Poso, turut aktif membantu tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Poso, memberikan sosialisasi dan informasi di desa binaannya, agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah wilayahnya terpapar virus corona.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1307/Poso, Letkol Inf. Catur Sutoyo mengatakan, peran Babinsa sebagai garda terdepan dalam menjaga teritorialnya sangatlah penting, bukan hanya pada hal pertahanan, tetapi juga berperan penting dalam menjaga kesehatan lingkungannya dan kesehatan masyarakatnya dimana para Babinsa bertugas.

“Babinsa sebagai ujung tombak TNI di desa harus dapat menjadi agen perubahan bagi kesehatan masyarakat terutama di saat seperti ini yakni ditengah pandemi Covid-19 yang dapat mengancam setiap nyawa warga desa,” ujar Catur, Senin (29/6/2020).

Catur menegaskan, keberadaan Babinsa sebagai urat nadi TNI di desa, harus bisa bersinergi dan membangun komunikasi dengan tim Gugus Tugas Covid-19 baik yang ada di desa, kecamatan maupun kabupaten, sehingga upaya pencegahan merebaknya virus corona dapat dilakukan secara dini dan cepat.

“Pentingnya komunikasi dibangun oleh Babinsa yang ada diseluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Poso dengan tim Gugus Gugas Covid-19, baik yang ada di desa hingga kabupaten, sehingga masyarakat dapat terjaga dan terhindar dari virus Corona,” tegasnya.

Catur mengingatkan, para Babinsa harus terus mengingatkan masyarakatnya dan memberikan contoh yang baik untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak saat berinteraksi sosisl, cuci tangan pakai sabun dan menggunakan hand sanitizer saat sebelum dan sesudah beraktifitas.

Selain itu kata Catur, Babinsa harus tetap bersinergi dan membangun komunikasi yang intens dengan tim Gugus Tugas Covid-19, agar pencegahan, pengendalian dan pencegahan Covid-19 di daerah ini dapat berjalan dengan baik.

“Sinergitas Babinsa dengan tim Gugus Tugas Covid-19 di lapangan harus baik, agar masyarakat dapat merasakan kehadiran negara saat masyarakat membutuhkannya,” tandasnya. (RHM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here