Pasien Covid-19 Terlama Dirawat di RSUD Poso Dinyatakan Sehat

0
434
Sumber : Data Surveilans Ketat Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Poso, Sabtu (13/6/2020) pukul 14.00 Wita

POSONEWS, Poso – Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) menyebutkan, di hari ke- 52 perawatan, akhirnya Pasien 03 dinyatakan Sehat dari Covid-19, setelah menerima hasil swab kedua berturut-turut negatif.

Pasien tersebut merupakan anak dari Pasien Covid-19 RSUD Poso yang telah dinyatakan sembuh sebelumnya. Dengan sembuhnya pasien tersebut, maka jumlah pasien covid-19 yang dirawat di RSUD Poso dinyatakan nol.

Pada kesempatan itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Poso, dr. Marwan Neno turut hadir pada proses pemulangan pasien tersebut.

Pasien positif covid-19 yang dinyatakan sehat dan diperbolehkan pulang ini, merupakan pasien terakhir dari 12 orang pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di Kabupaten Poso dan merupakan pasien Covid-19 terlama yang dirawat dan dikarantina di rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Poso tersebut.

Kepulangan pasien ini dari RSUD Poso dihadiahi sebuah sepeda oleh Direktur RSUD Poso, dr. Masalinri Hasmar mewakili Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) Kabupaten Poso, sebagai bentuk kepedulian terhadap pasien yang masih dibawah umur ini.

“Pasien 03 jenis kelamin pria inisial AW (11) warga Kecamatan Poso Kota Utara, Pasien AW merupakan pasien covid-19 terlama yang di rawat di RSUD Poso yakni selama lima puluh dua hari,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) Kabupaten Poso, dr. Marwan Neno saat dihubungi oleh Posko Jurnalis Poso Liputan Covid-19, Sabtu (13/6/2020) malam.

Marwan mengatakan, pasien 03 yang dirawat terlama ini dinyatakan sehat, setelah pihaknya menerima hasil evaluasi Swab kedua berturut-turut dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) dari laboratorium Makassar dengan hasil negatif.

“Sebelumnya tanggal 7 Juni 2020 ada tiga pasien yang dirawat di RSUD Poso terlebih dahulu dipulangkan, setelah dinyatakan sehat dari covid-19 berdasarkan hasil evaluasi swab. Ketiga pasien itu adalah pasien 010 pria I asal Kecamatan Pamona Selatan, pasien 011 wanita I (45) dan pasien 012 pria R (5) asal Kecamatan Lore Utara. Pasien 011 dan 012 merupakan ibu dan anak,” jelasnya.

Dia menegaskan, dari 12 kasus covid-19 yang terdapat di Kabupaten Poso, kesemuanya telah sehat dengan rincian sembilan pasien dirawat di RSUD Poso dan dua pasien dirawat di RSUD Anutapura Palu.

“Saat ini pasien positif Covid-19 di Kabupaten Poso nol kasus,” sebutnya.

Marwan menjelaskan, saat ini pihaknya telah mengirim 59 spesimen untuk di uji hasil swab di laboratorium Makassar. Ke 59 spesimen itu berasal dari 54 orang tanpa gejala (OTG) ditambah beberapa pasien orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

“Kita menunggu perkembangan hasil dari 59 spesimen yang di kirim ke Makassar,” ucapnya.

Dia berharap, meskipun kasus covid-19 nol kasus, pihaknya meminta masyarakat jangan terlena dan jangan acuh, karena masih banyak masyarakat yang sudah berkumpul, sudah pergi kemana-mana tanpa ikuti protokol kesehatan.

“New normal itu bukan berarti masyarakat sudah bebas, justru new normal itu yang biasanya tidak pakai masker harus pakai masker, yang biasanya berkumpul harus jaga jarak. Masyarakat jangan terlena, tetaplah ikuti anjuran protokol kesehatan,” pintanya. (RHM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here