Kurun Dua Minggu Terakhir, Kasus Positif Covid di Poso Tak Bertambah

1
- Advertisement -

POSONEWS, Poso – Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Poso menyebutkan kurun dua minggu terakhir kasus positif Covid-19 di Bumi Sintuwu Maroso, tidak terdapat kasus baru.

“Alhamdulillah dan puji Tuhan, dalam dua minggu terakhir di Kabupaten Poso tidak ada kasus baru posituf covid-19. Mudah-mudahan kondisi ini terus berlangsung hingga pandemi ini berakhir, ” kata Ketua Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, Rabu (3/6/2020) saat konferensi pers tentang perkembangan kasus Covid-19 di daerah yang pernah menjadi penghasil kayu eboni terbesar di Indonesia ini.

Darmin yang juga Bupati Poso saat memberikan keterangan pers didampingi Juru Bicara Covid-19 Poso, dr. Marwan Neno, Kadis Kesehatan, dr. Taufan Karwur, Direktur RSUD Poso, dr. Masalindri Hasmar dan Kabag Humas Pemkab Poso, I Wayan Santos.

Darmin menyebutkan, tidak adanya kasus baru positif covid di Kabupaten Poso, menunjukan tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapakan protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah sudah cukup baik, dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran covid di daerah ini.

- Advertisement -
Sumber :Gugus Tugas Covid19 Poso

“Semua ini berkat peranserta dan respon positif dari masyarakat di daerah ini, dalam upaya memutus penyebaran virus ini sudah cukup baik, meski begitu kita tidak boleh lengah dengan kondisi ini dan seluruh kita harus tetap waspada. Sekali lagi tetap waspada dan tetap mengikuti protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah,” sebutnya.

Sementara itu, Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Poso, dr. Marwan Neno menyampaikan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Poso per tanggal 3 Juni 2020.

Dia menyebutkan, untuk status Pasien Terkonfirmasi Positif dari 12 orang, saat ini tinggal 5 orang yang di rawat di RSUD Poso. 7 lainnya dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Untuk dua pasien terkonfirmasi positif yang di rawat di RSU Anuta Pura Palu, yakni pasiren 07 inisial tuan S (34) dan pasien 08 (40)inisial tuan H, pada hari ini telah dinyatakan sembuh dan akan segera dipulangkan dan menjalani idolasi mandiri dan rawat jalan jika terdapat gejala lainnya untuk diperiksa” jelasnya.

sumber : Gugus Tugas Covid-19 Poso

Pelaku Perjalanan Total 9.602 orang, Selesai dipantau 8.732 (90,9 persen),Saat ini dipantau sebanyak 870 orang (9,1 persen).

Status Orang Tanpa Gejala (OTG) total 180 orang, Selesai Dipantau sebanyak 147 orang, Saat ini dipantau kurang 33 orang.

“Adapun OTG ini tersebar di wilayah kerja Puskesmas Pendolo, Mayoa, Mapane, Kayamanya dan Lawanga,” sebutnya.

Untuk ODP dari Total 26 orang, selesai dipantau 22 orang , 1 meninggal dunia dan Saat ini dipantau tinggal 3 orang. Adapun 3 pasien itu tersebar di Puskesmas Wuasa, Puskesmas Mapane dan Puskesmad Kayamanya. Dari tiga pasien tersebut Dua orang melaksanakan isolasi mandiri di rumah dan satu pasien dirawat di RS Darurat Hotel Wisata Poso 1 orang.

Untuk status Pasien Dalam Pengawasan dari total 33 orang selesai dipantau sebanyak 33 orang dan saat ini dipantau nol orang. (RHM)

- Advertisement -

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini