Rapid Tes 39 OTG Poso Negatif

0
Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso saat memaparkan perkembangan pandemi Covid 19 di Poso Senin (27/4) (Foto: Rusli Suwandi)
- Advertisement -

POSONEWS, Poso – Dari 63 orang yang masuk dalam kategori OTG (Orang Tanpa Gejala), atau mereka yang sebelumnya pernah kontak langsung dengan pasien yang telah dinyatakan positif terpapar virus corona, 39 orang diantaranya dinyatakan negatif. Hal itu diketahui berdasarkan hasil rapid rest (pemeriksaan darah) yang dilakukan.

Demikian antara lain disampaikan tim Gugus Togas Covid 19 Pemkab Poso melalui juru bicara Dr. Marwan Neno kepada wartawan di Poso Senin 27/4) kemarin.

Selain 39 OTG rapid tes negatif, 1 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga dinyatakan negatif.

dr. Marwan Neno selaku Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Pengananan Covid-19 Poso menyampaikan, dari total OTG 63 orang, selesai dipantau sebanyak 39 orang, dan 39 OTG dari hasil rapid tes negatif.

- Advertisement -

Sedangkan sisanya 24 OTG telah dilakukan rapid tes pertama dinyatakan negatif, dan menunggu hasil rapid tes kedua serta sebagian menunggu hasil SWAB PCR.

Untuk kasus PDP kata Marwan Neno saat ini berjumlah dua orang, dan salah satu PDP dari hasil SWAB negatif bukan Covid-19.

“PDP ada 2 orang, selesai dipantau dua orang, PDP pertama beralih status menjadi pasien positif Covid-19. Dan PDP yang kedua kini telah sembuh dengan hasil pemeriksaan SWAB negatif. PDP yang sembuh non Covid-19 itu berinisial U usia 19 tahun perempuan di wilayah Kecamatan Lage,” ucapnya kepada wartawan saat menggelar jumpa pers.

Marwan menambahkan, data yang dirilis saat ini jumlah kasus Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 16 orang, selesai dipantau 14 orang dan lagi dipantau 2 orang dengan rincian satu ODP masih dirawat di RSUD Poso dan satu ODP dipulangkan dengan kondisi membaik.

Sementara pelaku perjalanan sebanyak 6382 orang, selesai dipantau 4845 orang dan lagi dipantau 1537 orang. Sehingga ungkap Marwan saat ini jumlah dipantau pelaku perjalanan semakin berkurang.

Menurut Marwan, pihak Gugus Tugas Covid-19 Poso saat ini merawat 5 OTG di rumah sakit rujukan tepatnya di Hotel wisata Poso. Ke 5 OTG itu dari hasil rapid tes negatif, sebagian rapid tes positif dan sebagian menunggu hasil SWAB PCR. Pasien yang dirawat itu merupakan orang tanpa gejala yang pernah berkontak dengan pasien positif corona.

Sementara jumlah pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Poso hingga Senin 27 April 2020 masih tetap 3 orang. Ketiganya saat ini masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Poso.

Menurut Marwan, satu pasien positif virus corona berusia 11 tahun adalah anak dari pasien 01 yang terpapar virus corona sebelumnya, sedangkan satu pasien corona lainnya merupakan warga Desa Pandayora, Kecamatan Pamona Selatan dengan riwayat pernah berkontak langsung dengan pasien positif corona di kota Palu. (RD/ULY)

- Advertisement -