Bawaslu Touna Umumkan 146 PKD Hasil Rekrutmen Untuk Pemilukada 2024

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Tahapan rekrutmen badan adhoc Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) untuk Pilkada Serentak 2024 saat ini tengah memasuki tahapan pengumuman hasil seleksi.

“PKD yang terpilih nantinya akan dilantik untuk bekerja untuk mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Taufiq Rizal R. Liara, Jumat (31/05/2024).

Taufiq mengatakan, sesuai juknis yang dikeluarkan Bawaslu RI tahap ini berlangsung sejak tanggal 13 Mei hingga 2 Juni 2024 di Kantor Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Touna.

Dari 146 Kelurahan Desa melahirkan 146 PKD se-Kabupaten Touna yang nantinya akan dilantik secara serentak oleh teman-teman Panwaslu Kecamatan pada tanggal 1 sampai 2 Juni 2024.

- Advertisement -

Selain pelantikan nanti, kata Taufiq, teman-teman Panwaslu Kecamatan juga akan melakukan pembekalan bimbingan teknis kepada PKD.

Taufik mengatakan, bimbingan teknis ini dalam rangka agar mereka (PKD- Red) dalam proses pengawasan Pilkada nantinya mengetahui apa yang menjadi tugas wewenang dan kewajiban mereka

“Saya berharap kepada jajaran Panwaslu Kecamatan dan PKD dalam tahapan proses pemutahiran data nanti agar benar-benar melakukan pengawasan secara langsung dan melekat terhadap proses tahapan pemutaran data,” ujarnya.

Mulai dari pembentukan pantarlih nanti yang dibentuk oleh teman-teman KPU sampai pada proses pencocokan dan penelitian daftar pemilih di rumah-rumah nantinya.

“Kami juga berpesan terhadap masyarakat pada saat proses pencocokan dan penelitian daftar pemilih ada masyarakat yang belum terdata, maka segera laporkan kepada teman-teman kami di jajaran PKD untuk dilakukan pendataan kembali,” tandasnya. CH

- Advertisement -