Sejumlah Layanan Masyarakat Hadir Dalam Program “Buka Desa” di Desa Mayumba

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Kegiatan ‘Buka Desa: di Kecamatan Mori Utara Desa Mayumba, ditandai dengan digelarnya pertandingan persahabatan sepak bola antara tim Pemda Morut dengan tim pemerintah Kecamatan Mori Utara, dilanjutkan Molimbu bersama Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi dengan masyarakat di Desa Mayumba, Kecamatan Mori Utara, Rabu malam (28/2/2024).

Kegiatan Molimbu atau makan bersama masyarakat yang juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Morowali Utara Febriyanthi Hongkiriwang, berlangsung di Banua Mpogombo Kadago Lipu Mayumba.

Bupati dan ibu serta sejumlah pejabat dari Pemda Morut dan Kecamatan Mori Utara, duduk bersila makan malam bersama masyarakat.

Program buka desa sebagai terobosan dari pemda ini, sudah berjalan memasuki Tahun ke 2, yang sebelumnya dimulai tahun lalu 2023 sangat berdampak positif bagi masyarakat Morowali Utara khususnya dalam pelayanan turun langsung ke desa, serta tatap muka langsung bersama Bupati. Kegiatan Buka Desa dilakukan setiap bulan di sepuluh kecamatan se Kabupaten Morowali Utara, kali ini pada tahun 2024 buka desa dimulai dari kecamatan mori utara tepatnya di ibu kecamatan Desa Mayumba.

- Advertisement -

Dalam acara molimbu tersebut, siswa-siswi SMP 3 Mori Utara tampil dengan tarian torompio untuk menyambut para tamu.

Dalam sambutannya, Bupati Delis mengemukakan kegiatan Buka Desa ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat.

Selama sehari penuh instansi pelayanan publik berkantor di desa untuk melayani masyarakat seperti perekaman/pembuatan KTP, pernikahan massal, pengurusan pajak, BPJS Kesehatan, pelayanan KB dan lainnya.

“Biasanya masyarakat yang pergi berurusan di kabupaten, sekarang dengan kegiatan Buka Desa ini instansi pemerintah yang datang di desa untuk melayani masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, sejak akhir tahun lalu dalam kegiatan Buka Desa ini juga dilakukan pelayanan dokter spesialis yang diberi nama Pro-Delis (Program Dokter Spesialis Lintas Desa).

Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan Pro-Delis di tiga desa yakni Baturube (Bungku Utara), Pandauke dan Lijo (Mamosalato), sangat membantu masyarakat.

“Kami datangkan dokter spesialis dari kabupaten. Setiap kegiatan di tiga desa itu pasien mencapai ratusan orang yang antre. Program ini sangat membantu masyarakat,” ujar Bupati.

Selanjutnya usai molimbu,acara dilanjutkan dengan bincang-bincang santai bupati dan masyarakat serta panitia juga menyelengarakan perlombaan domino yang diikuti sejumlah OPD, Kepala Desa dan wartawan dengan hadiah hiburan dari Bupati Morowali Utara. CHEM

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini