Logistik PSU di Desa Loe Touna Sudah 90 Persen, KPU Jadwalkan Digelar 24 Februari

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Una Una memutuskan satu tempat pemungutan suara (TPS) akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU). Yakni, Desa Loe, Kecamatan Walea Kepulauan, pada Sabtu 24 Februari 2024 mendatang

Diberitakan sebelumnya, PSU ini terjadi selisih 1 surat suara pasangan Calon Presiden dan wakil presiden saat perhitungan suara pasca pencoblosan di TPS 001 Desa Loe. Untuk total jumlah pemilih yang hadir dan memilih sebanyak 254 orang, sedangkan jumlah surat suara di kotak suara sebanyak 255, Senin (19/02/2024).

Ketua KPU Touna, Ahdin L. Nondo mengatakan, persiapan pelaksanaan PSU Pemilu 2024 berdasarkan adanya instruksi dari KPU RI untuk pelaksanaan PSU secara serentak dilaksanakan pada 24 Februari 2024 tepat 10 hari setelah pencoblosan 14 Februari 2024.

Namun, ungkap Ahdin, kendala yang akan dihadapi pastinya jika dilaksanakan pada hari kerja pasti akan menganggu partisipasi masyarakat, tentunya masyarakat akan disibukkan dengan jenis pekerjaan masing-masing.

- Advertisement -

“Untuk itu, perlunya dukungan Pemda untuk mendorong partisipasi masyarakat dan paling tidak pemilih jumlahnya tidak berkurang dari saat dilakukan pencoblosan pada 14 Februari 2024 yang lalu,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris KPU Touna, Moh. Fitra Akbar menambahkan, untuk kesiapan logistik PSU Desa Loe sampai dengan saat ini sudah mencapai presentase 90 %.

“Ada 2 item lagi yang masih menunggu distrisbusi dari KPUD provinsi dan targetnya tanggal 22 Februari 2024 sudh tiba di kantor KPU, kemudian besok lagi ada 1 jenis logistik yang tiba yaitu segel plastik,” jelasnya.

Fitra mengatakan, terkait dengan pendistribusian logistik akan dilaksanakan pergeseran pada tanggal 23 Februari 2024 menggunakan speed carteran yang langsung menuju Desa Loe.

Pelaksanaan nantinya akan dihadiri langsung tim KPU Provinsi Sulteng untuk memantau langsung pelaksanaan PSU tersebut. CH

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini