Bupati Mohammad Lahay Resmikan Pengoperasian Kapal Sinar Togean

0
Foto: Bupati Touna Mohammad Lahay saat meresmikan pengoperasian kapal KMP Sinar Togean (ist)
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Bupati Tojo Una una (Touna) Mohammad Lahay, meresmikan Pelayaran KMP. Sinar Togean yang dilaksanakan di Desa Labuan, Kecamatan Ratolindo, Selasa (23/01/2024).

Peresmian pemanfaatan Bus Air Ro – Ro KMP Sinar Togean ini, turut hadir Direktorat Transportasi Kementerian Perhubungan, Direktur Utama Galangan Kapal PT Proskuneo Kadarusman Kresna Santosa, Direktur Teknik, Kapolres Touna ,unsur Forkopimda, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) kelas II Sulteng dan OPD lingkup pemerintah Daerah Touna.

Dalam arahahannya, Bupati Touna Mohammad Lahay mengatakan, hari ini merupakan suatu kesyukuran yang luar biasa, serta menjadi momentum penting masyarakat wilayah Kepulauan karena kapal motor penumpang Sinar Togean resmi di operasikan, sehingga diharapkan dapat berperan sebagai alat transportasi laut dalam melakukan pengangkutan yang lebih efektif dan efisien
serta mendukung mewujudkan konektivitas antar darat – pulau dan antar pulau di kepulauan Togean.

Pembangunan beberapa pelabuhan di wilayah kepulauan togean serta pengoperasian kapal motor penumpang sinar togean ini dimaksudkan untuk memperlancar konektivitas di wilayah kepulauan togean dan sekitarnya, serta untuk penguatan dan meningkatkan akses dan mutu pelayanan masyarakat.

- Advertisement -

“Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah, khususnya pada misi ke 2 yaitu pembangunan infrastruktur yang maju dan keluar dari status daerah tertinggal, serta mendukung aktifitas sosial ekonomi masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, dan juga menekan laju inflasi di kepulauan togean,” ujar bupati.

“Saya berharap kita semua dapat menjaga sarana dan prasarana ini dengan baik, sehingga upaya pemerintah daerah dalam melayani masyarakat di wilayah kepulauan dapat berjalan selaras dan berkelanjutan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Tojo Una una, masih berharap ditahun mendatang kiranya pemerintah pusat dan provinsi Slawesi Tengah dapat memberikan suportnya kepada pemerintah daerah dan masyarakat berupa bantuan dan dukungan untuk menambah konektivitas antar darat – pulau dan antar pulau di kepulauan togean.

Bupati menambahkan pembangunan pelabuhan rakyat yang sudah masuk dalam rencana induk pelabuhan nasional (RIPN) seperti pelabuhan laut dolong, pelabuhan laut katupat, pelabuhan ferry dolong dan pelabuhan ferry pasokan, pengadaan kapal penumpang dan kapal barang serta kebutuhan-kebutuhan lainnya untuk mendukung aktifitas sosial ekonomi masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. CH

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini