Bandara Kasiguncu Poso Kembali Beroperasi

0
Foto: Kepala Bandara Kasiguncu Poso, Kadis Perhubungan dan para pilot dan awak kabin Susi Air saat terbang perdana dari bandara Kasiguncu Poso menuju Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu (Ist)
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Aktifitas Bandara Kasiguncu Poso kembali beroperasi pasca vakum beberapa waktu lalu akibat covid 19 yang melanda negeri ini. Aktifnya kembali bandara ditandai dengan penerbangan perdana pesawat komersil Susi Air dengan rute penerbangan Poso – Palu berkapasitas 12 sheet, Senin (8/1/2024).

Saat terbang perdana, pesawat jenis Cessna Grand Caravan milik maskapai penerbangan Susi Air ini membawa 9 (sembilan) orang penumpang dari Poso ke Palu. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan jelajah sekitar 317km/jam dengan waktu tempuh sekitar 30 menit Poso-Palu.

Kepala Bandara Poso Hariyanto, SE yang didampingi Kadis Perhubungan Kabupaten Poso Yunirson Penyami, S.Pd, MM dan Kabid Perhubungan Laut dan Udara Muchazir, S.Sos di Bandara Kasiguncu menjelaskan penerbangan tersebut mendapat subsidi dari pemerintah pusat (APBN) dengan jalur penerbangan Palu-Poso dan Poso-Palu setiap hari senin atau sekali dalam seminggu.

Kepala Bandara Poso juga mengungkapkan kesyukurannya dengan dibukanya kembali penerbangan Poso yang sempat vakum sejak masa covid 19 lalu.

- Advertisement -

“Alhamdulillah Bandara Kasiguncu kembali melayani masyarakat Poso untuk jasa penerbangan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Kabupaten Poso Yunirson Penyami menuturkan upaya Pemda Poso melalui Bupati Poso dr. Verna Inkiriwang, untuk membuka kembali armada penerbangan di Poso untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Poso serta masyarakat lainnya yang ingin datang di Poso mengunjungi keindahan panorama alam Kabupaten Poso.

“Dalam berbagai kesempatan Bupati Poso selalu menekankan pentingnya armada udara bisa masuk ke Poso untuk mendukung peningkatan kunjungan ke Kabupaten Poso yang banyak menyimpan potensi pariwisata untuk dikembangkan serta potensi lainnya,” ungkap Yunirson.

Disisi lain menurutnya, dengan terbukanya kembali penerbangan Poso ini akan menjadi daya tarik bagi maskapai lainnya agar bisa ikut terlibat meramaikan penerbangan di Poso, sehingga masyaraakat Poso bisa mendapat banyak alternative.

Sementara itu harga tiket untuk penerbangan Poso – Palu dibandrol seharga Rp 239.790. Sedangkan dari Palu – Poso seharga Rp 269.790. Jadwal penerbangan untuk sementara ini dilakukan sekali dalam sepekan yakni setiap hari senin. Berangkat dari Poso pukul 12.25 wita. Sedangkan dari Palu pukul 11.50 wita. ULY

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini