Kluster Tambak Udang Modern Hadir di Morut, Bupati Delis Tebar Benih Perdana

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS meresmikan Kluster Tambak sekaligus melakukan penebaran perdana benih Udang di Desa Ungkea pada Kamis pagi (28/12/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Delis mengatakan bahwa pemberian bantuan Kluster Tambak ini merupakan sebuah berkah yang sangat besar yang diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada masyarakat di Kabupaten Morowali Utara.

Karena Kabupaten Morowali Utara merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Sulawesi Tengah yang mendapat bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Keberhasilan pemberian bantuan ini tidak lepas dari komunikasi yang baik antara Dinas Perikanan Morut dengan Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) yang merupakan Unit dari Kementerian Kelautan dan Perikanan”, ujarnya.

- Advertisement -

Lebih lanjut, Bupati Delis mengatakan bahwa Pemda Morut telah bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan pemetaan terhadap jenis komoditi apa saja yang dapat di kembangkan di berbagai wilayah di Kabupaten Morowali Utara, dan untuk Desa Ungkea adalah jenis komoditi Udang menjadi unggulan di Desa tersebut.

Oleh karena itu, Bupati meminta peran aktif dari seluruh pihak baik Dinas Perikanan, Kepala Desa maupun pihak kelompok tani dan tambak agar mensukseskan program pengembangan komoditi udang yang sudah menggunakan sistem Kluster Tambak modern ini.

“Kami harapkan usaha-usaha seperti ini dapat tumbuh di pedesaan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, pungkasnya.

Diakhir sambutan, Bupati Delis tidak lupa mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui BPBAP Takalar yang telah memberikan bantuan yang sangat berharga khususnya bagi pengembangan sektor Komoditi dan juga bagi para kelompok tani tambak yang ada di Kabupaten Morowali Utara khususnya Desa Ungkea.

Sementara itu, ditempat yang sama, Ir. Nono Hartanto Kepala BPBAP Takalar mengatakan bahwa pembangunan Kluster Tambak Udang ini merupakan upaya dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam pengembangan Komoditas dimana saat ini Udang menjadi tulang punggung dalam pengembangan budi daya komoditas itu sendiri.

Beliau mengatakan banyak item yang masuk dalam Kluster Tambak ini. Item tersebut antara lain Petakan, alat pengetes kualitas air, genset, tandon sampai dengan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL).

“Kami berharap Kluster Tambak Udang yang ada di Desa Ungkea ini dapat menjadi Icon bagi Desa Ungkea itu sendiri bahkan mungkin Icon bagi Kabupaten Morowali Utara”, ucapnya disambut tepuk tangan dari seluruh hadirin

Kegiatan dilanjutkan dengan pemantauan Kluster Tambak dan penebaran benih udang.

Nampak hadir mendampingi Bupati Delis yakni Ketua TP-PKK Morut Ny. Febriyanthi H.D.J. Hehi, S.Si, Apt, Kepala BPBAP Takalar Ir. Nono Hartanto, Anggota DPRD Morut Usman Ukas, dan Kadis Perikanan Morut Yunber Bamba S.Pi.

Hadir pula Kadis Pertanian Abbas Mato’ori, Kadis PMD Drs. Andi Parenrengi, Camat Petasia Timur Hamja S.Pi, Kades Ungkea Muh. Idris beserta sejumlah Kades yang ada di Petasia Timur serta para anggota kelompok tani tambak Mutiara Laut. CHEM

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini