Sungai Pembala Meluap, Babinsa Koramil Lore Utara Turun Lapangan

0
Foto: Babinsa Koramil 1307-10/Lore Utara dan warga gotong royong perbaiki tanggul yang jebol (ist)
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Pembinaan teritorial (Binter) wilayah binaan menjadi salah satu tugas Babinsa yang harus dilakukan guna mendukung tugas pokok aparat kewilayahan. Binter dilaksanakan dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi (RAK) juang yang tangguh serta mewujudkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat, dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu metode Binter adalah metode bakti TNI yang secara menyeluruh untuk meningkatkan hasil kegiatan. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Bumi Banyusari Koramil 1307-10/Lore Utara Serka Ribut Budiarto bersama warga melaksanakan kerja bakti pembenahan tanggul bendungan yang ada di Sungai Pembala Desa Bumi Banyusari Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso, Selasa (26/12/2023).

Seperti diketahui Senin tanggal 25 Desember 2023 pukul 23.55 wita, Desa Bumi Banyusari Kecamatan Lore utara Kabupaten Poso telah terjadi banjir yang disebabkan hujan lebat selama beberapa jam yang mengakibatkan air sungai Pembala meluap sehingga tanggul sungai jebol dan air meluap ke pemukiman dan perkebunan warga.

Akibat kejadian tersebut tidak ditemukan laporan adanya korban jiwa. Namun lebih dari 20 rumah warga kemasukan air dan 50 Hektar kebun milik warga terendam banjir.

- Advertisement -

Disela sela pekerjaannya, Serka Ribut Budiarto mengatakan, kerja bakti ini merupakan bentuk rasa tanggung jawab warga masyarakat yang ada di Desa Bumi Banyusari.

“Pembuatan tanggul atau bendungan ini bertujuan agar pada saat hujan, air sungai tidak kembali meluap sehingga menggenangi rumah dan perkebunan warga,” ujarnya.

Pelaksanan kerja bakti ini, meliputi pengangkatan batu sungai dan pasir yang diisi ke dalam karung sebagai bahan material untuk pembuatan tanggul atau bendungan.

Salah satu warga Desa Bumi Banyusari yang juga ikut serta dalam kegiatan tersebut merasa sangat senang dengan adanya gotong royong pembuatan bendungan.

“Pembuatan tanggul atau bendungan ini diharapkan pada saat hujan, air sungai tidak meluap sehingga menggenangi rumah warga,” ucapnya. ULY

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini