Patut Dapat Jempol, Kades Koromatantu Sampaikan LPj Pengunaan Anggaran Dihadapan Warganya

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Alfianus Doe, kepala Desa Koromatantu Kecamatan Petasia Kabupaten Morowali Utara ini patut dijadikan contoh bagi para kepala desa lainnya.

Kades Koromatantu yang baru menjabat lebih dari satu tahun ini, diakhir tahun 2023 ini, ia menyampaikan laporan pertanggungjawabannya TA 2022-2023 secara terbuka dihadapan masyarakatnya bertempat balai pertemuan Desa Koromatantu. (21/12/2023).

Laporan pertanggungjawaban Kades Koromatantu terbuka seperti ini mungkin yang pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Petasia Kabupaten Morowali Utara.

Jika dilihat sesuai Undang-Undang nomor 06 tahun 2014 tentang desa pasal 27 dalam melaksanakan tugas, kewenangan, hak, dan kewajiban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26, Kepala Desa wajib: menyampaikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa setiap akhir tahun anggaran kepada Bupati/Walikota;
menyampaikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Desa pada akhir masa jabatan kepada Bupati/Walikota; memberikan laporan keterangan penyelenggaraan pemerintahan secara tertulis kepada Badan Permusyawaratan Desa setiap akhir tahun anggaran; dan memberikan dan/atau menyebarkan informasi penyelenggaraan pemerintahan secara tertulis kepada masyarakat Desa setiap akhir tahun anggaran.

- Advertisement -

Alfianus Doe, dalam laporan pertanggung jawaban TA 2022-2023 kepemimpinannya selama menjabat memaparkan berbagai capaian hasil pembangunan di depan warga,dan kepada anggota BPD .

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Sekdes Koromatantu, pendamping desa Hijeramin Tampamutu SIP, para perangkat Desa Koromatantu, angota BPD serta puluhan masyarakat Koromatantu yang sempat hadir.

Dalam pemaparannya Alfianus Doe menegaskan, LPJ Pemdes Koromarantu tersebut, merupakan upayanya sebagai kepala desa untuk lebih transparan dalam memimpin berkaitan dengan keterbukaan informasi publik terhadap penggunaan dana desa selama satu tahun anggaran berjalan yang diamanahkan melalui UU no 6 tahun 2014.

Alfianus Doe, memaparkan sejumlah capaian- capain keberhasilan yang sudah dilakukan Pemerintahannya, baik itu proyek fisik pembangunan, pemberdayaan maupun di sektor – sektor lainnya, sudah terealisasi dengan baik.

Berkaitan dengan bantuan tunai langsung di masyarakat, baik itu yang di anggarkan lewat APBD Kabupaten, Provinsi, maupun ADD – DD, sudah hampir mencapai di angka Rp 2 milyar, seluruhnya juga telah berjalan sesuai dengan harapan bersama dan sudah dimanfaatkan dan dinikmati oleh warga penerima.

“Capaian dan Kemajuan pembangunan yang kita raih hari ini merupakan berkat kerja sama yang baik dari semua komponen yang ada, serta dukungan positif seluruh masyarakat Koromatantu, ” ungkap Alfianus Doe.

Sementara itu, dalam pandangannya Asrul, selaku pendamping desa, sangat mengapresiasi secara positif atas kerja keras dan terobosan berbagai inovatif yang sudah dilakukan Kades Koromatantu selama ini.

“Setahu saya di Kecamatan Petasia ini, baru Koromatantu yang berani memaparkan LPJ nya secara transparan kepada masyarakatnya,” puji Asrul.

Dalam kegiatan tersebut, Kades Koromatantu, Alfianus Doe, menyerahkan secara simbolis bantuan perikanan kepada perwakilan kelompok penerima manfaat itu.

Pemdes Koromatantu juga akan menggelar kegiatan jalan santai, pada Sabtu (23/12/2023), dengan menyediakan hadiah door price sebesar Rp 15 juta. Kades Koromatantu, Alfianus Doe, juga akan memberikan bantuan pribadinya berupa 1 buah kulkas.

Selanjutnya saat diwawancara oleh media ini, Alfianus Doe mengatakan sebagai tambahan kedepannya akan memberikan penghargaan kepada aparat, kader desa, anggota tim penggerak PKK desa, ketua dusun, ketua RT dan tokoh masyarakat yang dimungkinkan dianggap berjasa dalam kepemimpinannya.

Ia menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat desanya.

“Saya mohon maaf jika selama kepemimpinan dipenghujung tahun ini, terdapat kesalahan, kekhilafan dan kekurangan yang membuat warga merasa kecewa atau tidak puas,” katanya.

“Semoga kita tetap solid dan lebih semangat lagi kedepannya dalam membangun negeri lewat pengabdian kita terhadap masyarakat bangsa dan negara, khususnya di Desa Koromatantu,” tutupnya. CHEM

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini