Kunker Puslitbang Polri Perkuat Peran Kepolisian Cegah Terorisme

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kepolisian Resor (Polres) Poso, Selasa (28/11/2023).

Kunker tersebut dipimpin Sespuslitbang Polri, Kombes Pol. Fx. Surya Kumara selaku ketua tim supervisi.

Dalam kunjungan itu, Kombes Pol Fx Surya menyampaikan, salah satu tugas dan tanggung jawab Puslitbang Polri yaitu mengadakan penelitian, pengkajian dan melaksanakan riset terhadap pelaksanaan tugas kepolisian. Baik itu di bidang operasional maupun di bidang pembinaan.

Sehingga Kunker ini nantinya dapat memberikan support secara kelembagaan kepada institusi Kepolisian dalam rangka mendukung terwujudnya transformasi menuju Polri Presisi.

- Advertisement -

“Polri berkewajiban untuk melakukan langkah pencegahan dalam menanggulangi tindakan intoleransi dan redikalisme, guna mencegah terjadinya terorisme demi terwujudnya Kamtibmas yang kondusif,” tukasnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Poso, AKP. Basirun Laele menjelaskan, pengumpulan data dilakukan melalui Fokus Grup Diskusi (FGD), wawancara dan pengisian kuisioner yang melibatkan internal Polri dan ekaternal dalam hal ini tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama.

“Sementara untuk penelitian, fokus mempelajari peran fungsi Intelijen, Humas, Reskrim, Binmas dan Bhabinkamtibmas, untuk melihat bagaimana kepolisian dan masyarakat setempat bersinergi dalam menghadapi serta mencegah intoleran dan paham radikalisme,” jelasnya.

Penelitian ini, sambung Basirun, tidak hanya menggali fakta-fakta pelayanan, tetapi juga bisa memberikan masukan konstruktif yang mampu menjadi pedoman bagi anggota Polri dalam melaksanakan tugas di wilayah hukum Polres Poso ke depan.

“Olehnya, kami berharap semua pihak dapat memberikan masukan yang konstruktif sebagai acuan pedoman anggota kepolisian saat bertugas,” tandasnya.(*)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini