Sekda Morut Buka Sosialisasi dan Pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Utara Ir. Musda Guntur, MM membuka Kegiatan Sosialisasi Dan Pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan Kabupaten Morowali Utara, bertempat di Ruang Pola pada Kamis (02/11/2023).

Dalam rangka pengelolaan jumlah, kualitas, dan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Morowali Utara, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah (DP2KBP3AD) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Morut menggelar kegiatan Sosialisasi Dan Pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Kepala SMP/Sederajat se-Kabupaten Morowali Utara ini bertujuan untuk memberikan arah dan pedoman bagi para tenaga pengelola dan pelaksana pendidikan kependudukan serta guru pengampu mata pelajaran dalam memberi wawasan pengetahuan dan menumbuhkan sikap serta perilaku yang responsive terhadap masalah kependudukan bagi siswa atau peserta didik.

Dalam sambutannya, Sekda Morut mengatakan bahwa dalam rangka menyongsong Indonesia Emas tahun 2045 mendatang maka masalah kependudukan wajib diberikan perhatian khusus demi menciptakan generasi emas khususnya di Kabupaten Morowali Utara.

- Advertisement -

Beliau juga mengatakan bahwa dalam menciptakan generasi emas wajib direncanakan sejak awal dimana kegiatan Sosialisasi Dan Pencanangan Sekolah Siaga Kependudukan merupakan langkah yang sangat tepat.

“Kreativitas dan inovasi dalam mengajar sangat dibutuhkan sehingga apa yang akan kita sampaikan kepada peserta didik ini dapat tersampaikan dengan baik”, ujarnya.

Sekda Morut juga berterima kasih serta berharap kepada para peserta yang hadir agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga apa yang menjadi tujuan sosialisasi dapat disampaikan kepada para peserta didik di masing-masing Sekolah.

“Kami Optimis untuk menciptakan generasi emas Kabupaten Morowali yang unggul dan berkualitas harus melalui program pendidikan yang baik”, pungkasnya.

Sementara itu, Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah Muhammad Rosni, SE mengatakan bahwa hampir seluruh sektor pembangunan berkaitan dengan kependudukan. Begitu pula dengan sektor kesehatan seperti penanganan kasus Stunting sampai dengan masalah reproduksi seluruhnya berkaitan erat dengan masalah kependudukan.

Sehingga sosialisasi kependudukan harus di tanamkan sejak dini di sektor pendidikan khususnya anak usia dini di sekolah-sekolah, agar para peserta didik mendapatkan pengetahuan terkait kependudukan sejak dini.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dinas P2KBP3AD dengan Disdikbud Morut serta penyerahan Surat Keputusan Penunjukan Satuan Pendidikan Sebagai Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Morowali Utara Tahun 2023.

Nampak hadir mendampingi Sekda yakni Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah Muhammad Rosni, SE beserta jajaran, Asisten III Setdakab Morut Atra Tamehi SH, Kepala Dinas P2KBP3AD Drs. Romelius Sapara, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Morut Bernoulli Tanari, S.Pd, M.Pd. CHEM

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini