Da’i Polri Beri Pembekalan Peserta Diklat Saka Bhayangkara

0
Foto: Dai Polri Ipda Ilham Sriwan saat memberikan pembekalan kepada peserta Diklat Saka Bhayangkara (Ist)

POSONEWS.ID – Remaja sangat rentan terpapar paham radikalisme dan terorisme serta intoleransi. Untuk mengantisipasi haL itu melalui Operasi Madago Raya 2023, tim Da’i Polri yang tergabung dalam Satgas II pre emtif yang mempunyai tugas memberikan pencerahan, memberikan pembekalan kepada peserta Diklat Saka Bhayangkara di Mako Polsek Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso, Sabtu, (14/1/23).

Pembekalan diberikan mengingat bahaya pemahaman radikalisme dan terorisme serta intoleransi yang bertujuan untuk merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang merubah pancasila sebagai dasar negara dengan ideologi, agar dapat dipahami para peserta Diklat.

“Diharapkan bagi siswa-siswi bisa mengenali paham-paham ini dengan mengkaji betul jangan asal ikut kajian-kajian yang bersumber tidak jelas,” ungkap Dai Polri Ipda Ilham Sriwan yang juga Kanit Binmas Polsek Poso Pesisir Utara.

Selain itu Ipda Ilham Sriwan juga menyampaikan tentang akhlak dan budi pekerti yang baik, yang mencerminkan perilaku sehari hari terutama siswa dan siswi harus bisa menempatkan posisinya sebagai perlajar yang terdidik di lingkungan masyarakat.

Ilham juga mengajak kepada siswa siswi peserta Diklat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan situasi dan kondisi Kabupaten Poso yang sudah aman dan kondusif ini.

“Hindari tauran antar pelajar, jauhi narkoba, minum-minuman yang beralkohol dan pergaulan bebas yang semua itu akan berdampak pada perilaku akhlak yang tidak baik serta bisa berpengaruh pada situasi yang sudah kondusif ini,” ujarnya mengingatkan.

Sementara, Kaops Madago Raya Kombes Pol.Denny Jatmiko, SIK mengajak masyarakat agar dapat bekerjasama dalam menciptakan situasi dan kondisi wilayah Sulawesi Tengah yang aman dan kondusif, utamanya daerah yang menjadi wilayah operasi.

“Selain itu peran dari tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan komponen masyarakat lainnya khususnya para pelajar, diharapkan bergandengan tangan untuk berpartisipasi demi tercapainya masyarakat yang aman dan nyaman,” pungkasnya. ULY

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here