Kuswandi : Kecamatan Sombori Kepulauan Disetujui Kemendagri

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akhirnya menyetujui pembentukan Kecamatan Sombori Kepulauan di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

“Sejak 6 Januari 2023, persetujuan itu telah ada dan hari ini 12 Januari, fisik surat resminya telah saya terima dan diserahkan langsung oleh Direktur Administrasi Kewilayahan Kemendagri, tentu ini adalah suatu kehormatan bagi kita semua khususnya masyarakat Menui Kepulauan yang sebelumnya berkehendak membentuk sebuah Kecamatan baru di wilayah Menui Kepulauan, harapan itu kini dapat terwujud melalui rekomendasi pembentukan Kecamatan Sombori Kepulauan di Kabupaten Morowali dan Kecamatan Toili Jaya di Kabupaten Banggai,” ungkap Ketua DPRD Morowali, Kuswandi di Jakarta.

Dikatakannya, fisik surat tersebut bernomor Dengan : 100.2.4/119/BAK perihal Pembentukan Kecamatan di Kabupaten Morowali dan Kabupaten Banggai, tanggal 6 Januari 2023.

Pembentukan Sombori Kepulauan melalui penggabungan 10 desa di Kecamatan Menui Kepulauan dan 3 (tiga) desa di Kecamatan Bungku Selatan Kabupaten Morowali dan Kecamatan Toili Jaya melalui pemekaran 10 desa di Kecamatan Toili di Kabupaten Banggai.

- Advertisement -

Selanjutnya, kata Kuswandi, adalah melakukan permohonan nomor registrasi Perda di Biro Hukum Pemprov Sulawesi Tengah.

“Akan kami ajukan hari ini juga, ini harus gerak cepat, setelah itu kami serahkan ke Pemda Morowali untuk pengesahannya sekaligus nanti itu yang akan menandai kapan aktivitas pemerintahan dilaksanakan, semua kita serahkan ke Pemda, intixlnya bahwa masyarakat di wilayah itu berharap ini bisa cepat karena disana ada rentang kendali pemerintahan yang mesti segera diatasi,” jelasnya.

Dikatakannya, sesuai tujuannya bahwa pembentukan kecamatan tersebut adalah untuk memperkuat, memudahkan atau mendekatkan semua urusan pelayanan pemerintahan.

“Saya kira selama ini kita semua tahu bagaimana tingkat kesulitan masyarakat kita disana, rentang kendali urusan pemerintahan yang begitu sulit dan pelayanan yang begitu jauh serta biaya tinggi, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam perjuangan pembentukan kecamatan tersebut, itu penting karena mewujudkan Sombori Kepulauan untuk menjadi kecamatan baru, bukan perkara mudah sebab ada banyak hambatan-hambatan teknis, tapi itu bisa diatasi,” pungkas Kuswandi. (DRM)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini