Harga Tiket Pesawat Masih Tinggi, Pemda Poso Belum Berikan Subsidi

0

POSONEWS.ID – Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso tidak mengalokasikan anggaran subsidi untuk tiket pesawat. Hal itu dikarenakan tingginya harga tiket pesawat sehingga sulit untuk dijangkau.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Poso H. Sukimin mengakui, kalau Pemda diminta oleh pemerintah pusat untuk melakukan subsidi harga tiket pesawat.

“Pola subsidi ini masih belum jelas, sehingga Pemda Poso belum bisa memberi subsidi untuk tiket pesawat,” akunya kepada media ini, Jumat (6/1/2023).

- Advertisement -

Menurutnya, dalam sistem penganggaran pemerintah daerah tidak ada format yang memungkinkan untuk memberikan subsidi sesuai permintaan pemerintah pusat.

“Kewenangan ini yang belum bisa linier dengan penganggaran pemda,” jelas H. Sukimin.

Dirinya menolak jika itu disebut sebagai miss instruksi dari pemerintah pusat. Karena, kementerian lembaga di pusat harus mendetailkan lebih dulu seperti apa pola subsidi yang harus dilakukan pemerintah daerah.

Misalnya, kata H. Sukimin, Kemendagri dan Kemenhub cari format dulu yang memungkinkan agar daerah bisa melakukan intervensi terhadap subsidi itu, serta tingginya harga tiket pesawat yang sulit untuk dijangkau oleh masyarakat.

Untuk saat ini Pemda Poso belum bisa melakukan apa-apa terhadap tingginya harga tiket. Namun, harapannya ada perubahan harga tiket pesawat dalam waktu dekat.

“Jika nantinya ada perubahan, maka rute penerbangan udara akan kembali normal dan sektor pariwisata di Poso bisa kita genjot, sehingga dengan sendirinya pendapatan daerah akan terpenuhi,” tutupnya.(*/ISQ)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here