Bawaslu Poso Gelar Ujian Tulis Bagi 251 Calon Anggota Panwaslu Kecamatan

0
Foto: Suasana ujian tertulis dengan sistem CAT yang diikuti calon anggota Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Poso (Ist)

POSONEWS.ID – Ratusan peserta calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Poso mulai mengikuti ujian menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Pelaksanaan ujian digelar di ruangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Poso Kota, Sabtu ( 15/10) dan diikuti 251 orang calon anggota Panwaslu kecamatan yang berasal dari 19 Kecamatan se-Kabupaten Poso.

Sebelumnya proses perekrutan calon anggota Panwaslu kecamatan ini sempat diperpanjang selama sepekan karena tidak terpenuhinya quota perempuan dalam setiap kecamatan.

- Advertisement -

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Poso, Abdul. Malik Saleh yang ditemui usai meninjau langsung pelaksanaan ujian tersebut memastikan seluruh persiapan mulai dari fasilitas ruangan dan jaringan internet telah lengkap.

Menurutnya, khusus untuk antisipasi terjadinya pemadaman listrik, pihak panitia telah mempersiapkan mesin genset agar proses ujian saat mati lampu tetap berjalan dengan lancar.

“Hari ini ujian terhadap calon anggota Panwascam digelar dengan menggunakan sistem CAT. Ujian kali ini sama dengan pelaksanaan ujian Panwascam tahun 2020 lalu, dan Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar,” ungkap Malik Saleh.

Ditambahkan, pelaksanaan ujian dengan menggunakan sistem CAT digelar selama satu hari dengan pola pembagian waktu menjadi empat sesi untuk empat ruangan yang berbeda. Dari 251 orang jumlah peserta, untuk empat sesi masing-masing diisi peserta sebanyak 63 orang.

“Mengingat ruangan terbatas dengan jumlah peserta yang banyak, maka panitia mengatur pelaksanaan ujian dengan empat sesi, dan akhirnya proses ujian berjalan lancar semua,” jelas Abdul Malik.

Pihak Bawaslu Kabupaten Poso menjelaskan, setelah selesai tahapan pelaksanaan tes CAT, tahapan selanjutnya berupa pengumuman yang rencananya akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ada yakni pada Senin 17 Oktober 2022 hari ini.

Para peserta ujian tertulis yang dinyatakan lulus, selanjutnya akan mengikuti tes wawancara yang rencananya akan digelar di Kantor Bawaslu Kabupaten Poso pada 18-20 Oktober.

Selain Ketua Bawaslu, turut hadir dan memantau langsung pelaksanaan ujian calon anggota Panwaslu kecamatan tersebut Komisioner Bawaslu Poso, Cristian Adiputro Oruwo (divisi HPP), Helmi Mongi (divisi PHL), Sekertaris Bawaslu, Wiliam Otniel Malala bersama sejumlah staf. ULY

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here