PT. MBN dan Kades Koromatantu Teken MoU Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat

0

POSONEWS.ID -Peningkatan ekonomi masyarakat menjadi perhatian penting bagi PT MBN (Mineral Bumi Nusantara) dalam setiap operasional. Untuk itu, disetiap areal operasional perusahaan tambang nikel ini senantiasa akan menghadirkan program pemberdayaan masyarakat.

PT MBN mengemasnya melalui program Community Development (Comdev). Komitmen pelaksanaan comdev dilaksnakan PT MBN dengan bersinergi bersama Pemdes Koromatantu. Hal tersebut diwujudkan melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU), Rabu (28/9/22).

MoU terkait Pelaksanaan Program Comdev diteken oleh Direktur PT MBN Aim Labungasa bersama Kades Koromatantu di balai desa Koromatantu. Acara penandatanganan MoU turut dihadiri dan disaksikan oleh perwakilan camat Petasia, Humas PT MBN Imar, Babinsa Koromatantu dan unsur BPD serta masyarakat peserta rapat.

- Advertisement -

Bagi PT MBN, program Comdev adalah salah satu aspek keberlanjutan yang senantiasa akan dijalankan bersama.

Pada kesempatan itu Direktur PT MBN mengatakan, kerangka kerja ini merumuskan tujuan, sasaran, tata nilai, kebijakan, strategi operasional, program, dan kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat sesuai dengan peran perusahaan yang selaras dengan Rencana Pembangunan Daerah khususnya di Desa lingkar tambang.

Kepala Desa Koromatantu Alfianus Doe kepada media ini mengatakan, atas nama pemerintah desa, sangat berterima kasih kepada PT MBN yang sudah peduli dengan desa kami. Adapun yang menjadi hasil MoU dari beberapa Item poin yang diajukan pemdes dan masyarakat kepada PT MBN adalah pada point sebagai diapresiasinya penggunaan nama desa KOROMATANTU dalam IUP PT MBN senilai Rp.100 juta yang akan di bayarkan secara bertahap selama 4 dan Dana Rp.100 juta itu akan digunakan untuk pembuatan pagar berbahan baja ringan untuk masyarakat Koromatantu yang akan di bayar bertahap setiap bulannya sebesar 25 juta, beserta dana CSR dan tali asih Rp 11.000 beserta galian C 25000/ret.

Poin poin lain juga disetujui kecuali retribusi penggunaan jalan desa yg belum di setujui.

“Pihak PT MBN juga berjanji akan segera menyampaikan lewat surat ke kepala desa mengenai besaran nilai yang akan disanggupi oleh pihak perusahaan,” tandas Kades.

Sementara itu Humas PT MBN Imar menambahkan pihaknya juga kedepannya akan melaksanakan peningkatan melalui pemberdayaan BUMDES yang akan bekerja sama dengan perusahaan PT MBN,” katanya. CHEM

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here