Wakil Ketua II DPRD Morut Desak Pemda Audit Perusahaan Sawit

0

POSONEWS.ID – Wakil Ketua II DPRD Morut H.M.Saffi mendesak pemerintahan daerah nelakukan audit mengenai keberadaan sejumlah izin perkebunan sawit khususnya PT. CAS dan PT. KLS yang ada di Kecamatan Bungku Utara dan Kecamatan Mamomasalato yang sampai hari ini Tidak memiliki izin Hak Guna Usaha (HGU).

“Pemerintah harus hadir di tengah masyarakat. Jangan biarkan rakyat berjuang sendiri mempertahankan haknya,” ujar Safri Rabu (28/9/2022).

Ia juga meminta kepada Bupati untuk menertibkan semua izin perkebunan yang ada di Kabupaten Morowali Utara.

“Kita tidak boleh puas dengan CSR yang hanya bantuan 1000 pohon durian Musang King karena itu bukan solusi untuk menyelesaikan soal kepemilikan tanah masyarakat yang hari ini dikuasai oleh para investor khususnya di bidang perkebunan sawit. Dan saya meminta kepada Bupati untuk menghentikan segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh PT. CAS,” tegas Safri.

Ia khawatir jika status kepemilikan lahan masyarakat tidak jelas, maka dapat berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah masyarakat.

“Saya sepakat dengan pemerintah daerah mendukung investasi masuk ke daerah. Akan tetapi tentunya harus berdasarkan undang-undang dan konstitusi yang mengatur tentang kepemilikan hak,” tambahnya.

Terakhir, politisi PKB Morut itu meminta pemerintah daerah dalam rangka peningkatan PAD maka perlu mendorong dan membantu tiap perusahaan mempercepat proses pengurusan HGU. Karena hal itu menjadi salah satu faktor dalam mendongkrak sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD). CHEM

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here