Padungku di Kasiguncu, Bupati Poso: Jaga dan Pelihara Budaya Warisan Leluhur

0

POSONEWS.ID – Disambut dengan pengalungan bunga dan penyematan tali bonto dan disaksikan Pendeta/Majelis Jemaat, Bupati Poso dr Verna GM Inkiriwang, menghadiri acara Padungku Atau Pengucapan Syukur di Jemaat Bethesda Kasiguncu, Rabu (07/9/2022).

“Padungku atas pengucapan syukur ini merupakan momentum penting bagi segenap warga gereja untuk dijadikan kesempatan membangun kebersamaan dan persatuan serta menciptakan rasa persaudaraan antar sesama, baik internal gereja maupun antar umat beragama dan masyarakat secara luas karena itu, pengucapan syukur ini hendaknya dimaknai dengan semangat berbagi untuk sesama dalam kerendahan hati,” ungkap Bupati Verna saat dalam sambutannya.

Selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dirinya berharap dalam semangat kebersamaan, masyarakat Kabupaten Poso dapat memelihara budaya yang di wariskan leluhur, bukan tanpa alasan namun budaya inilah yang menjadi karakter kita sebagai masyarakat Tanah Poso untuk terus menjaga Tanah Poso dalam bingkai Sintuwu Maroso.

“Marilah kita merayakan ucapan syukur ini dengan cara yang tepat dan sederhana sehingga makna padungku tidak bergeser dari makna sebenarnya yakni berbagi dalam kebersamaan, bahu membahu serta meperkokoh persaudaraan antar sesama. Saya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kecamatan Poso Pesisir dan sekitarnya yang hari ini melaksanakan pengucapan syukur atau padungku untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban bersama. “Selamat Merayakan Pesta Pengucapan Syukur (Padungku) Kepada seluruh warga jemaat Betesda Kasiguncu, serta kepada seluruh warga masyarakat Kecamatan Poso Pesisir dan Poso Pesisir Selatan,”ucapnya.

Acara ini di awali dengan ibadah syukur yang di pimpin oleh Ketua Umum Majelis Sinode GKST, Pdt. Djadaramo Tasiabe M.Th. Di hadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sulteng, Ellen Ester Pelealu, SE, para Kepala OPD Pemda Poso, Camat Poso Pesisir Selatan bersama unsur Tripika Kecamatan Poso Pesisir, Pendeta/Majelis Jemaat, warga Jemaat Bethesda Kasiguncu serta tamu undangan lainnya.(**)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here