Wabup Morut Buka Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2022

0
87

POSONEWS ID – Bertempat di Gedung Pola Sekretariat Daerah Kabupaten Morowali Utara, Jumat 5 Agustus 2022, Wakil Bupati Morowali Utara membuka secara resmi Pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS Kabupaten Morowali Utara Tahun 2022.

Kepala Bidang Pengembangan dan Penilaian Kinerja Aparatur, Wartus Lampaga, SE., dalam laporannya menyampaikan bahwa Pelatihan Dasar CPNS Pemerintah Kabupaten Morowali Utara Tahun 2022 ini diikuti oleh 257 CPNS, dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Morowali Utara dengan pola kerjasama dengan BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Drs. Adidjoyo Dauda, M.Si menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Morowali Utara yang untuk kesekian kalinya melaksanakan Pelatihan Dasar CPNS dengan pola kerjasama ini. BPSDMD Sulawesi Tengah sebagai lembaga pelatihan terakreditasi akan melaksanakan penjaminan mutu atas pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS di Kabupaten Morowali Utara ini.

Wakil Bupati Morowali Utara H.Djira K, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam upaya membentuk sosok PNS yang berkompeten maka perlu dilakukan pembinaan, salah satunya melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang mengarah kepada upaya peningkatan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara dan tanah air.

Kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural serta efisiensi, efektivitas dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerjasama dan tanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Pelatihan Dasar CPNS ini, di samping sebagai syarat untuk diangkat menjadi PNS, juga merupakan tempat penggodokan sikap, perilaku, mental, dan mindset serta untuk mewujudkan profesionalisme CPNS.

Melalui Pelatihan Dasar CPNS ini diharapkan para peserta tidak saja akan menjadi aparat yang cerdas dan profesional, namun juga memiliki pemahaman tentang hak dan kewajibannya, sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan koridor peraturan yang berlaku, termasuk kedisiplinan serta moral untuk membentuk aparat Pemerintah Kabupaten Morowali Utara yang berkualitas dan profesional.

Demikian pula harus ditanamkan dan ditumbuhkembangkan sikap loyal dan bertanggung jawab penuh atas setiap tugas yang telah diberikan untuk bisa menjalankan peran sebagai seorang abdi masyarakat.

Selaku Kepala Daerah saya merespon positif kegiatan ini dan menghimbau bahwa PNS adalah mahluk sosial yang ketika bermedia sosial PNS menjadi penyejuk dan mempunyai etika dalam mengelola media sosial. Yang paling penting dihimbau kepada adik-adik CPNS ini agar tidak ada yang mengajukan mutasi keluar daerah.

“Beberapa waktu lalu ada Bupati dari daerah Sulsel, Jawa dan Sumatera yang menyurat kepada Bupati Morowali Utara untuk disetujui pindah tugas adik-adik. Sebenarnya disetujui, namun belum diikhlaskan, sehingga saya himbau untuk tidak ada yang mengajukan mutasi keluar daerah” ujar Wabup.

Pelatihan Dasar CPNS ini dilaksanakan selama ±108 hari, dan dimulai pada hari ini 5 Agustus 2022 s/d 19 November 2022 yang dilaksanakan pada Kantor Diklat BKPSDM Kabupaten Morowali Utara Jalan trans Sulawesi km 5 Desa Tompira, Kecamatan Petasia Timur.

Hadir mendampingi Wabup, Forkopimda Kabupaten Morowali Utara, Kepala BPSDMD Provinsi Sulteng Dr. Drs. Adidjoyo Dauda, M.Si., Para Asisten, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemda Morut, Para Widyaiswara/Instruktur, Para Mentor dan Evaluator, Panitia Penyelenggara BKPSDM Kabupaten Morowali Utara serta hadir seluruh peserta Latsar CPNS Kabupaten Morowali Utara. (KOMINFO/CHEM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here