Ketua PKK Morut Lepas Bibit Ikan dan Panen Sayur di kebun PKK Desa Ganda-Ganda

0

POSONEWS.ID – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Morowali Utara Febriyanthi Hongkiriwang DJ Hehi melepas bibit ikan di kolam plastik dan panen perdana sayur di kebun PKK di Desa Ganda-ganda, Kecamatan Petasia, Rabu sore (20/7).

Kegiatan itu dilakukan bersama Sekretaris Dinas Perikanan Morut Pitosmo Lameanda dan Wakil Ketua TP PKK Ny Widyawati Mala serta para pengurus PKK lainnya.

Kebun yang memanfaatkan pekarangan warga desa setempat merupakan proyek percontohan binaan PKK kabupaten yang diharapkan dapat dikembangkan di desa-desa lainnya.

Kebun ini cukup berhasil. Sebagian sayuran yang dipanen dibawah ke rumah jabatan di Kolonodale untuk dinikmati ibu-ibu PKK kabupaten dan PKK Desa Ganda-ganda.

“Setelah selesai panen perdana ini, saya undang ibu-ibu PKK semuanya kita modui bersama di rujab. Sayur-sayur ini segar sekali,” ujar istri Bupati Morut tersebut.

Ia juga berterima kasih kepada warga desa pemilik pekarangan yang menyiapkan halaman rumahnya untuk dijadikan kebun PKK. Ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.

Mengenai ide awal pembuatan kebun PKK ini, ibu Febi mengatakan berawal dari tingginya angka stunting (anak-anak kurang gizi) di Kabupaten Morowali Utara.

Dengan penanaman sayur-sayuran di pekarangan rumah diharapkan bisa memberikan manfaat ganda yakni memanfaatkan pekarangan rumah sekaligus bisa menambah penghasilan keluarga.

“Seperti yang kita saksikan sendiri saat ini, kebun PKK ini cukup berhasil. Mudah-mudahan ini menjadi contoh yang baik agar masyarakat khususnya ibu-ibu PKK di desa bisa memanfaatkan pekarangannya,” jelasnya.

Begitu pula dengan kolam ikan dalam terpal yang ditangani langsung oleh Dinas Perikanan diharapkan dirawat dan dapat menghasilkan yang tujuannya juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Ketua TP PKK Morut itu juga berterima kasih kepada Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan Morut yang ikut mensupport berbagai program PKK selama ini. (MC/CHEM)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here