Pemkab Morut dan GNI Teken MoU Terkait Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja

0
Foto: Bupati Morut Delis J.Hehi menyerahkan piagam penghargaan kepada HOD Publik Relation PT GNI Mister Jiang Chao (Semuel)

POSONEWS.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara tandatangani MoU tentang Kerjasama Pelatihan Dan Penempatan Tenaga Kerja Serta Perluasan Kesempatan Kerja di Kabupaten Morowali Utara dengan pimpinan PT. Gunbuster Nickel Industry (PT. GNI), Kamis, 30 Juni 2022 bertempat di Kantor PT. GNI.

Sebelumnya, dilaksanakan rapat internal antara Bupati Morut Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS yang didampingi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Morowali Utara Kartiyanis Lakawa, ST, Direktur Utama PT. Total HR Indonesia Aulia Febrina dengan Mr. Jiang Chao selaku HOD Public Relation PT. GNI.

Adapun beberapa hal yang disampaikan oleh Bupati Delis kepada Mr. Jiang Chao antara lain PT. GNI diminta untuk selalu memberikan informasi kepada Pemda Morut terkait peluang kerja yang dibutuhkan oleh PT. GNI. Selain itu, PT. GNI juga diminta untuk membantu menyediakan peralatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelatihan yang akan dilaksanakan nantinya. Adapun peserta pelatihan yang telah lolos assesment dari lembaga pelatihan yang sudah menjadi mitra kerja dari Pemda Morut nantinya agar ditempatkan sesuai kebutuhan dari PT. GNI.

- Advertisement -

“MoU ini hanyalah payung hukum dari program kerjasama yang kami tawarkan. Untuk detail teknis nantinya, kami akan berikan Perjanjian Kerja sama. Kami hanya ingin pastikan bahwa para tenaga kerja yang telah mengikuti pelatihan nantinya dapat terserap dengan baik oleh PT. GNI” ungkap Bupati Delis kepada Mr. Jiang Chao.

Setelah melalui musyawarah yang dan tukar pikiran yang berlangsung dengan tenang dan penuh rasa kekeluargaan, akhirnya penandatanganan MoU dilaksanakan.

Pemda Morut nantinya akan bekerja sama dengan PT. Total HR Indonesia yang merupakan salah satu lembaga pelatihan yang sudah terbukti kualitasnya dalam mencetak berbagai tenaga kerja dengan berbagai keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan asing.

Di akhir kegiatan, Bupati menyerahkan piagam penghargaan kepada Mr. Jiang Chao sebagai bentuk apresiasi Pemda Morut terhadap kontribusi yang telah dilakukan oleh PT. GNI terhadap Kabupaten Morowali Utara.

Sementara itu, HOD Publik Relation PT GNI Mister Jiang Chao mengatakan perusahaan itu memang masih membutuhkan tenaga kerja, meski belum dibutuhkan signifikan lantaran pembangunan Smelter sedang berjalan. Hingga hari ini tercatat lebih dari 10.000 orang sudah terdaftar sebagai karyawan PT GNI, itu sudah termasuk dengan karyawan pihak Kontraktor.

Jiang mengungkapkan rencananya di kawasan industri nikel tersebut dibangun 9 Smelter, saat ini sudah 2 Smelter yang beroperasi dengan operasional 17 tungku, dalam waktu dekat Smelter 3 akan segera beroperasi dan membutuhkan karyawan baru.

“Satu Smelter itu membutuhkan 2.200 orang tenaga kerja,” jelasnya. CHEM

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here