Kerjasama Pemkab Poso, Astra Group Gelontorkan 18 Ton Migor Curah

0
104

POSONEWS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso melalui Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Poso, Sulteng menggelar operasi pasar minyak goreng (migor) curah atau non kemasan, Senin (30/5/2022).

Operasi pasar ini, bekerja sama dengan pihak perusahaan Astra Agro Lestari yang berlangsung di pasar Tradisional Sintuwu Maroso Poso.

Selaku CDAM area Sulawesi 2, Joanda mengatakan, giat operasi minyak goreng curah ini merupakan hasil kerjasama antara perusahaan Astra Group dalam hal ini PT SJA 2 dan PT TSL, yang merupakan salah satu upaya Pemda Poso dalam membantu mengatasi kelangkaan minyak goreng dan tingginya harga minyak goreng di Kabupaten Poso.

Olehnya, melalui kegiatan ini masyarakat Poso bisa terbantu dalam ketersediaan minyak goreng serta dapat menekan harga minyak goreng di pasaran.

“Anak perusahaan dari PT Astra Agro Lestari tbk senantiasa berkolaborasi dengan Pemda Poso, untuk membantu masyarakat dalam ketersediaan salah satu kebutuhan pokok mereka yaitu minyak goreng. Selain itu kegiatan ini dapat terus kita lakukan sesuai keinginan Pemda setempat, bila di pandang perlu untuk kegiatan bazar nantinya,” kata Joanda.

Dikatakannya, dengan adanya pencabutan larangan ekspor minyak goreng dan Crude Palm Oil (CPO) maka ketersediaan minyak goreng di dalam negeri pada umumnya dan Kabupaten Poso khususnya akan terpenuhi. Sehingga masyarakat bisa kembali mendapatkan minyak goreng dengan harga terjangkau seperti sebelum adanya kelangkaan.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Poso, Murniati Putosi menyebutkan, operasi minyak curah ini digelar di dua lokasi yang berbeda. Yakni, pasar Poso dan Tentena.

Total keseluruhan minyak goreng yang di salurkan ke masyarakat sebanyak 18 ribu liter. Masing masing, 9 ribu liter di pasar Poso dan sisanya pasar Tentena.

“Sejauh ini harga minyak goreng masih cukup mahal dengan kisaran harga Rp. 28 ribu per liternya. Sehingga, untuk operasi ini kami beri setengah dari harga pasaran. Yakni, Rp. 14 ribu per liter,” jelasnya.(Is)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here