Dukcapil Morut Siapkan Website dan Call Center Demi Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

0
106
Foto: Kepala Dinas Dukcapil Morut Drs. Bendhart Tandi Tialen

POSONEWS.ID  – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Morowali Utara kini memasuki era digitalisasi. Terobosan ini dilakukan untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Nantinya, masyarakat yang akan berurusan dengan instansi itu bisa mengakses website atau berkomunikasi langsung melalui call center yang disiapkan kantor tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Morut Drs. Bendhart Tandi Tialen saat ditemui di ruang kerjanya di Kolonodale, Jumat (20/5/2022).

“Kini kita sudah masuk di era digital. Kami juga memberi akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk berurusan secara cepat dan tanpa biaya apapun,” jelasnya.

Semua informasi terkait kependudukan dan pencatatan sipil bisa diakses di website Dukcapil Morut yang kini dalam tahap penyelesaian.

“Mudah-mudahan bukan depan website Dukcapil sudah bisa di-launching. Sekarang dalam tahap penyempurnaan,” ujar Bendhart.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini seluruh dokumen kependudukan telah menggunakan tanda tangan elektronik (TTE) dengan QR Code.

Sedangkan kepada masyarakat yang tidak memiliki handphone android atau yang gaptek tetap bisa berurusan langsung di kantor Dukcapil.

Selain bisa menemui pegawai setempat, masyarakat dapat pula membaca informasi melalui papan informasi baik tentang pelayanan pendaftaran penduduk maupun pelayanan pencatatan sipil.

Pelayanan pendaftaran penduduk tersebut meliputi pembuatan kartu keluarga (KK), pembuatan KTP elektronik (KTP-El), pembuatan kartu identitas anak dan pembuatan surat keterangan pindah.

Sedangkan pelayanan pencatatan sipil terdiri dari pembuatan akta kelahiran, pembuatan akta kematian , pembuat akta perkawinan dan akta perceraian.

“Papan Informasi itu dimaksudkan untuk mempercepat dan memudahkan masyarakat agar mereka tahu dokumen apa yang harus disiapkan jika ingin berurusan,” jelas Kadis Dukcapil Morut.

Terkait pelayanan itu pula, lanjut Kadis, pihaknya sudah menyurat ke para camat se Morut yang intinya meminta kepada seluruh kepala desa aktif melaporkan semua kejadian yang menyangkut kependudukan dan catatan sipil seperti info kelahiran, meninggal, dan perkawinan.

“Informasi ini dimaksudkan agar pihak Dukcapil bisa langsung membuatkan dokumennya,” jelasnya lagi.

Call center Dukcapil Morut yang bisa dihubungi sbb:

– Pelayanan KK dan KIA (081244500183)

– Pelayanan Pindah Datang (081244500188)

– Pelayanan Capil (081244500148)

– Update data (081244500192)

– Disdukcapil (082195839210). (MC Ale/CHEM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here