Desa Harus Bisa Optimalkan Segala Potensi Yang Dimiliki

0
102
Foto: Bupati Poso Verna Inkiriwang disambut secara adat di Desa Tobe saat menghadiri giat lomba desa (Dok.Humas/Kominfo)

POSONEWS.ID Pemerintah desa diminta untuk terus menggali potensi yang dimiliki secara maksimal agar desa bergerak tumbuh maju dan berkembang demi untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Hal itu diungkap Bupati Poso Verna Ingkiriwang saat menghadiri pelaksanaan lomba desa di Desa Tobe dan Desa Lape di Kecamatan Poso Pesisir baru baru ini.

“Sesuai visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Poso kedepan, Poso menjadi kabupaten maju, tangguh, dan terdepan di Sulawesi  Tengah  dalam semangat membangun bersama sejahtera bersama. Visi tersebut akan diwujudkan dalam 7 misi dan program unggulan diantaranya program unggulan membangun dari desa. Karenanya kita berharap desa bisa mengoptimalkan potensi yang ada sehingga mampu menjadi potensi unggulan daerah,” ujar Bupati Verna.

Menurut Verna, desa harus bisa mandiri, maju dan berkembang mengikuti irama pembangunan daerah yang sedang dilaksanakan.

“Itulah sebabnya desa harus mampu menciptakan kreasi dan inovasi untuk mendukung kemajuan dan kemandirian desa  agar bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah,” ungkap Bupati.

Desa Tobe dan Desa Lape merupakan dua desa yang ditunjuk mewakili Kecamatan Poso Pesisir dan Poso Pesisir Utara untuk bersaing dengan desa dan kelurahan lainnya yang ada di Kabupaten Poso untuk menjadi yang terbaik dan mewakili Kabupaten Poso pada Lomba Desa tingkat Provinsi Sulteng nantinya.

Bupati Verna juga menyampaikan beberapa indikator penting dari desa sehingga layak untuk meraih predikat juara atau peringkat lomba desa terbaik dalam lomba desa tingkat kabupaten terutama yang terkait dengan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan di desa. Yakni diantaranya bidang Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Stabilitas Kemanan dan Ketertiban. Partisipasi  Masyarakat, Pemerintahan, dan keterlibatan kaum perempuan dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Selain itu akan sangat menunjang apabila desa juga melaksanakan pembinaan pelestarian budaya tradisional, serta profesional dalam pengeloaan badan usaha milik desa atau BUMDES yang merupakan sumber APBDesa sebagai upaya untuk mewujudkan kemandirian desa,” pungkasnya. LEE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here