PLTM Tomata Diharapkan Berfungsi Normal Awal Mei

0
101
Foto: Bupati Morut Delis J.Hehi saat mendengarkan penjelasan dari pimpinan PT. Buminata Energi Perkasa selaku pengelola PLTM Tomata, Putra Surya Kencana di lokasi pabrik (Dok.MC)

POSONEWS.ID – Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Tomata sejak pekan lalu melakukan uji coba mesin sekaligus suplai daya listrik 2 MW ke PLN Rayon Kolonodale di Tompira.

Setelah melakukan uji coba, diharapkan sudah berfungsi normal pada awal Mei atau setelah Hari Raya Idul Fitri. Secara umum tidak ada kendala serius selama masa uji coba.

Demikian penjelasan pimpinan PT. Buminata Energi Perkasa selaku pengelola PLTM Tomata, Putra Surya Kencana di lokasi pabrik, Selasa lalu.

Secara singkat Surya menguraikan proses uji coba mesin dan suplai daya listrik saat menerima kunjungan Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi dan rombongan.

Dalam kunjungan singkat itu bupati didampingi Wabup H Djira K, Dandim 1311 Morowali Letkol Inf Constantinus Rusmanto, dan Ketua DPRD Morut Hj Megawati Ambo Asa.

Kunjungan itu sebenarnya tidak terjadwal. Saat itu bupati dan rombongan dalam perjalanan dari Kolonodale menuju Desa Peleru Kecamatan Mori Utara untuk menghadiri launching program unggulan penanaman jagung.

Selanjutnya Putra menguraikan, PLTM Tomata dengan kapasitas 10 MW diharapkan mampu mengatasi kebutuhan daya listrik masyarakat Morut.

“Selama masa uji coba ini, sebanyak 2 MW dialirkan ke PLN Kolonodale,” jelasnya.

Menurutnya, dengan sisa daya 8 MW pihaknya juga sedang menjajaki untuk menyuplai kebutuhan listrik industri yang ada di Morut.

Selama berada di kompleks PLTM Tomata, bupati dan rombongan sempat masuk ke control room. Tenaga teknis setempat menjelaskan proses kerja mesin pembangkit hingga suplai listrik ke PLN. (MC/CHEM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here