Delis: Jika Petani dan Nelayan Sejahtera, Pasti Morut Sejahtera

0
180
Foto: Bupati Morut Delis Julkarson Hehi saat membuka selubung tanda diresmikannya gilingan padi Desa Era Kecamatan Mori Utara (Dok.MC)

ERA, POSONEWS – Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi kembali menekankan komitmen pemerintah daerah untuk memberi perhatian khusus dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan.

“Kalau petani dan nelayan sejahtera, pasti Morut akan sejahtera. Sebab sebagian besar penduduk kabupaten ini adalah petani dan nelayan,” kata Bupati Delis di Desa Era, Kecamatan Mori Utara, Kabupaten Morowali Utara Kamis (31/3).

Bupati yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Morut Febriyanthi DJ. Hehi dan Ketua DPRD serta beberapa anggota DPRD Morowali Utara serta Ketua Umum Sinode GKST, hadir di Era pada acara peresmian gilingan padi, penanaman kakako dan peresmian pastori Gereja GKST Era.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan petani di Kecamatan Mori Utara adalah mengembangkan penanaman jagung secara intensif dengan pola kredit usaha rakyat (KUR) yang melibatkan peran ‘offtaker’ (pengusaha).

Kata Delis, pekan depan ia akan ke Desa Peleru untuk menyaksikan penanam jagung pola KUR tersebut dimana pemerintah menyediakan bantuan benih unggul, biaya pengolahan dan penanaman bahkan biaya hidup petani tiap bulan untuk menanam jagung itu di lahannya masing-masing.

Pemda juga menyalurkan bantuan alat pertanian baik untuk kepentingan pengolahan lahan dan penanaman maupun pascapanen.

Ia mendorong para petani untuk memanfaatkan peluang-peluang usaha yang dibuka tersebut dan memanfaatkan seluruh alat mekanisasi secara maksimal untuk meningkatkan produksi dan produktivitas. (MC/CHEM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here