Lanal Palu Gelar Baksos Sunatan Massal dan Pengobatan Gratis Di Morowali

0
96

PosoNews.id, Morowali- salah satu Kabupaten di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah dengan mayoritas peduduk adalah masyarakat Maritim yang merupakan bagian dari wilayah kerja Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu. Komandan Lanal Palu, Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting, M.Tr.Hanla dalam melaksanakan pembinaan potensi maritim (Binpotmar) di wilayah tersebut memerintahkan kepada Pos TNI AL (Posal) Morowali yang terletak di Dusun Kurisa, Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Rabu (16/3/2022)

Pembinaan potensi maritim yang menjadi salah satu tugas Pangkalan TNI AL Palu kepada masyarakat maritim di Morowali beberapa diantaranya adalah memberikan pelatihan menangkap ikan yang ramah lingkungan, pelestarian pesisir pantai dengan penanaman mangrove untuk mengurangi abrasi pantai, juga pemberian pengetahuan memanfaatkan keindahan alam pesisir sebagai objek wisata yang mempunyai nilai komersil.

Tidak hanya berupa pelatihan-pelatihan, namun demikian Lanal Palu telah beberapa kali melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial di Kabupaten Morowali, salah satunya sebagaimana dilaksanakan pada hari Rabu (16 Maret 2022), tepatnya di Pos TNI AL Morowali. Lanal Palu melaksanakan bhakti sosial sunatan massal dan pengobatan gratis untuk masyarakat Maritim di daerah setempat di Kabupaten Morowali sebagai wujud kepedulian sosial dan dukungan Pangkalan TNI AL Palu ke masyarakat maritim di wilayah kerja Lanal Palu yang dalam hal ini adalah masyarakat sekitar Posal Morowali, Dusun Kurisa, Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali.

Nampak beberapa perwira, staf serta prajurit Lanal Palu yang ditunjuk Komandan Lanal Palu sebagai pelaksana kegiatan bhakti sosial sunatan massal dan pengobatan gratis oleh Pangkalan TNI AL Palu untuk masyarakat Maritim di sekitar Posal Morowali yang berlangsung sejak pukul 08.00 Wita dengan perwira tertua pendamping ialah Palaksa Lanal Palu Letkol Laut (PM) Priyo Yudhono, S.H.,M.H. termasuk diantaranya Tim Kesehatan dari Balai Kesehatan (BK) Lanal dengan ketua tim Letda Laut (K/W) dr. Wira Nirwana.

Melalui koordinasi sebelumnya, dalam melaksanakan sunatan massal dan pengobatan gratis, tim kesehatan BK Lanal Palu dibantu oleh beberapa orang tenaga kesehatan dari PKM Puskesmas Bahodopi.

Ditengah pelaksanaan sunatan massal dan pengobatan gratis, sekitar pukul 13.00 Wita Komandan Lanal Palu tiba dilokasi pelaksanaan bhakti sosial dengan didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab VI DJA II Ny. Christy Normawati Ginting untuk melaksanakan peninjauan serta memastikan proses pelaksanaan bhakti sosial oleh prajurit Lanal Palu berjalan dengan baik.

Kehadiran beberapa pejabat pemerinah setempat berada di lokasi sekaligus turut menyambut kedatangan Komandan Lanal Palu saat meninjau lokasi bhakti sosial di lokasi menjadi bukti respon positif dilaksanakannya bhakti sosial oleh Lanal Palu di tempat tersebut. Apresiasi dari masyarakat setempat juga nampak dari antusias masyarakat yang datang ke lokasi pelaksanaan kegiatan bhaksi sosial.

Kegitan bhakti sosial yang berlangsung sekitar delapan jam hingga pukul 15,00Wita berlangsung lancar dengan tetap menerapkan prokes Covid-19.

“Bhakti sosial yang dilaksanakan Pangkalan TNI AL Palu kali ini merupakan wujud kepedulian Lanal Palu kepada masyarakat maritim di sekitar Kecamatan Bahodopi, khususnya Dusun Kurisa dimana berdiri Pos TNI AL Morowali. Lanal palu akan berusaha secara berkala melaksanakan kegiatan seperti saat ini kedepannya. Kepada prajurit yang berdinas di Pos TNI AL Morowali agar terus menjalin sinergitas dengan masyarakat sekitar untuk saling mendukung hingga tercipta keamanan dan kenyamanan di lingkungan masyarakat setempat,” jelas Danlanal di depan Personil Posal Morowali juga di hadapan masyarakat yang hadir pada peninjauan bhakti sosial sebelum beberapa saat meninggalkan Lokasi.(DRM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here