Musrembang Jangan Hanya Sebatas Menampung Usulan

0
133
Foto: Penandatangananberitas acara Musrembang da penyerahan dokumen dari Plt.Camat Poso Kota kepada Kepala Bapelitbangda Poso disaksikan Wabup Poso Yasin Mangun (Dok.Kominfo)

POSO, POSONEWS – Wakil Bupati Poso Yasin Mangun menyampaikan pelaksaan Musyawarah Perencanan Pembangunan (Musrembang) jangan hanya sebatas menampung aspirasi masyarakat dalam bentuk usulan program kegiatan. Namun yang terpenting adalah bagaimana agar usulan tersebut bisa segera direalisasikan demi kemajuan pembangunan.

Hal itu disampaikan Wabup Poso saat membacakan sambutan tertulis Bupati Poso Verna Inkiriwang dalam pelaksanaan Musrembang Kecamatan Poso Kota tahun 2022 di aula kantor Bapelitbangda Poso Jumat (4/3/2022).

Terkadang menurut Wabup Yasin, pelaksanaan Musrembang kerap memunculkan keraguan pada tingkat masyarakat. Hal itu dikarenakan usulan yang sudah disepakati namun tidak dapat dianggarkan dalam APBD Kabupaten Poso. Hal ini tentunya menumbuhkan rasa ragu masyarakat terhadap kepastian hasil pelaksanaan Musrembang untuk dapat direalisasikan.

“Maka di tahun ini Bupati dan Wakil Bupati Poso melakukan inovasi serta berkomitmen untuk mengakomodasi pada dokumen perencanaan dan penganggaran setiap usulan yang telah disepakati dengan menerapkan Pagu Indikatif Kecamatan atau di sebut dengan PIK,”  ujar Wabup.

Ia beraharap, penyelenggaraan pembangunan Pemkab Poso di tahun 2023 akan lebih terarah dan dapat dirasakan masyarakat serta mampu menjawab permasalah dan tantangan yang dihadapi masyarakat Kota Poso dengan kolaborasi dan sinergitas yang kuat.

Acara di lanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Musrembang Kecamatan Tahun 2022 antara  Wakil Bupati Poso dengan Camat Poso Kota dan Penyerahan Dokumen Berita Acara Hasil Keputusan Musrembang Tahun 2022 yang diserahkan oleh Plt. Camat Poso Kota kepada Kaban Bapeltbangda Kabupaten Poso yang di saksikan Wakil Bupati Poso, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Poso, Danramil Poso Kota serta Kapolsek Poso Kota. LEE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here