Warga Empat Desa di Mori Atas Terima 964 Sertifikat Tanah

0
222
Foto: Bupati Morut Delis J.Hehi disaksikan Ketua DPRD Morut Hj.Megawaty Ambo Asa dan Ketua Tim Penggerak PKK Febrianty Hongkiriwang Ssi Apt dan Kepala BPN Morut Adolf Puahadi menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada salah seorang Kepala Desa penerima (Samuel)

ENSA, POSONEWS – Bupati Morowali Utara, Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS, mengingatkan kepada masyarakat agar bisa menggunakan sertifikat tanah, untuk kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Delis di sela-sela kegiatan penyerahan sertipikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), kepada Empat Desa yang ada di Kecamatan Mori Atas. Meliputi Desa Londi, Desa Ta’ende, Desa Ensa, dan Desa Lanumor. Penyerahan bertempat di Balai Desa Ensa, Kamis, (24/02/2022).

Adapun jumlah keseluruhan Sertifikat PTSL yang diserahkan ini, berjumlah 964 bidang, dengan masing-masing sebagai berikut , Desa Londi, 256 bidang, Desa Ta’ende, 152 bidang , Desa Ensa, 200 bidang, dan Desa Lanumor, 356 bidang.

Dalam penyerahan sertifikat tersebut masing-masing desa diutus 10 orang penerima dan sisanya diserahkan kesetiap pemerintah desa untuk selanjutnya dibagikan ke masyarakat penerima didesanya masing-masing.

Penyerahan berjalan lancar dengan mengikuti protokol kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Morut, Hj Megawati Ambos Asa SIP, Ketua Tim Penggerak PKK Morut, Febrianty Hongkiriwang Ssi Apt, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemda Morut, Drs Viktor A Tamehi, Kepala BPN / ATR Morut, Adolf S Puahadi SSIT MM, Kabag prokompi Herry Pinontoan, unsur Forkompida Kecamatan Mori Atas, para Kepala-kepala desa penerima   serta sejumlah perwakilan masyarakat Penerima Sertipikat PTSL tersebut.

Bupati Delis mengatakan, ada dua keuntungan memiliki sertipikat tanah. Kata dia, selain memberikan legalitas dan kepastian hukum kepada pemiliknya, sertipikat tersebut juga bisa dimanfatkan sebagai agunan di Bank, yang tentunya diperuntukan sebagai modal usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

“Saya ingatkan kepada masyarakat yang ingin menjaminkan sertifikat tanahnya di Bank, agar bisa memanfaatkan sebaik- baiknya, untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Bukan sebaliknya, cenderung menggunakannya untuk hal- hal yang bersifat konsumtif,” ujar bupati.

Pada kempatan itu, Kepala BPN / ATR Morut Adolf Puahadi dalam sambutannya menjelaskan, program Pensertifikatan tanah PTSL yang dilakukan ini, selain merupakan salah satu program prioritas Presiden RI Joko Widodo, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung pencapaian Visi dan Misi Bupati Morut, yakni menjadikan masyarakat Morut yang Sehat, Cerdas, dan Sejahtera.

”Kalau BPN / ATR lebih condong pada Visi ketiga, yaitu persoalan kesejahteraan. Untuk itu, saya meminta kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan sertipikat tanahnya, untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya,” jelas Adolf Puahadi.

Sementara Kepala Desa Ensa, Yan Ferdinan Suade sebagai tuan rumah tempat penyerahan sertifikat sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah serta Pihak BPN yang sudah membantu masyarakatnya dalam penertibitan sertifikat sebagai legalitas berkepastian hukum. Ia berharap segala permasalahan tanah didesanya dengan pihak lain juga segera terselesaikan. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here