Dinkes Touna Tekankan Warga Untuk Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun

0
Kepala Dinas Kesehatan Pemda Touna Jafanet Alfari (Ist)

TOUNA, POSONEWS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tojo Una-Una menyiapkan 14.000 vaksin sinovac untuk penyuntikan kepada anak usia 6 sampai 11 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Pemda Touna Jafanet Alfari mengatakan, tim vaksinasi terdiri dari dokter, medis dan pokja penyuntikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dan sudah disiapkan di gerai-gerai vaksinasi di Puskesmas terdekat diwilayah Touna.

“Nantinya ada tim mensosialisasikan kepada masyarakat, khususnya pada orang tua siswa, bahwa peyuntikan vaksin anak usia 6-11 tahun,” jelasnya.

- Advertisement -

Jafanet mengaku vaksinasi terhadap anak inj tidak ada efek samping, tergantung daya tahan tubuh, kalaupun ada efek samping paling panas atau demam, itu sudah bereaksi.

“Nah, ini yang harus disampaikan melalui sosialisasi secara umum untuk meyakinkan kepada masyarakat, khusus orang tua murid,” jelasnya.

Pihaknya juga sudah menyampaika. kepada Bupati Tojo Una-Una, untuk segera mungkin mencanangkan suntikan vaksinasi usia 6-11 tahun.

“Ini ada surat edaran dari pemerintah pusat dalam hal ini Mendagri sampai ke Gubernur Sulteng, yang menyebut tidak ada pemaksaan siswa harus di vaksin. Tetapi kita harus memberikan pengertian kepada orang tua kalau memang siswa ini layak untuk divaksin kenapa tidak,” imbuhnya.

Pada saat itu juga, tim vaksinasi akan melakukan pemeriksaan screening kurang lebih ada beberapa poin sama dengan orang dewasa.

Dia berharap kepada orang tua murid segera mengvaksinasi anaknya, karena ini sudah diuji klinik oleh para ahli. “Mudah-mudahan apa yang kita harapkan agar bisa melawan covid-19, bahkan kita bakal berhasil,” tekannya. (**/)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here