Pemda Touna Hidupkan Pariwisata Togean Ditengah Pandemi Bersama Ikatan Alumni Untad

0
Foto: Bupati Touna Muhammad Lahay menggelar dialog dan rapat koordinasi dengan Ikatan Alumni Untad untuk berupaya menghidupkan kembali sektor pariwisata kepulauan Togean (Ist)
- Advertisement -

TOUNA, POSONEWS – Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una, untuk menyelamatkan pariwisata Kepulauan Togean ditengah pandemi Covid-19 secara bertahap.

Upaya itu diantaranya penerapkan protokol kesehatan ditempat wisata, seperti di hotel dan restoran serta melakukan vaksinasi kepada masyarakat setempat agar menimbulkan rasa aman kepada wisatawan.

Hal ini dipaparkan Bupati Touna Moh Lahay saat rapat koordinasi antara Pemda dan ikatan alumni Universitas Tadulako, yang dilaksanakan di gedung auditorium, Rabu (19/01/2022).

- Advertisement -

Mat Lahay mengatakan, Pengembangan kawasan pariwisata berbasis pentahelix pasca Covid-19 menuju Kabupaten Tojo Una-Una yang maju dan sejahtera.

“Pandemi Covid telah menghantam industri pariwisata dan ekonomi, sejak tahun 2020 jumlah wisatawan mancanegara yang masuk di Touna mengalami penurunan,” jelasnya.

Olehnya, ditahun 2022 yang merupakan tahun pelaksanaan RPJMD, dimana salah satu arah kebijakannya adalah pemulihan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat serta mewujudkan pencapaian misi memantapkan Trisula pembangunan ekonomi, yang bertumpuh pada sektor pertanian, perikanan kelautan dan pariwisata yang berkelanjutan yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan.

Berdasar kepada percepatan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan, maka pemerintah daerah, menganggap penting dan perlu mengadakan pertemuan dengan stakeholder pendukung para peserta yang bertujuan untuk kesepakatan bersama, terhadap arah pembangunan parawisata dengan pengedepankan sistim kolaborasi.

“Atas nama Pemda Tojo Una-Una, saya mengucapkan terimaksih dan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini, yang merupakan kerja sama dengan Ikatan Alumni Universitas Tadulako,” imbuhnya. (**/)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here