Laa Futu Beach, Keindahan di Tepi Kota Bungku

0
- Advertisement -

PosoNews.id, Morowali -Desa Tofuti Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah, merupakan sebuah desa kecil, namun memiliki satu destinasi taman wisata mangrove Laa Futu Beach.

Kepala Desa Tofuti, Najib Karim mengatakan bahwa luas desanya diperkirakan hanya berukuran 1 kilometer persegi yang kemungkinan merupakan desa terkecil di Kabupaten Morowali.

Untuk pembangunannya sendiri menurut Kades, dimulai pada tahun 2019 dengan anggaran sebesar Rp300 juta hanya untuk tanggul dan timbunan saja.

- Advertisement -

Pada tahun 2021 dilanjutkan lagi pembangunan gazebo sebanyak 3 unit dan MCK yang menelan anggaran sebesar Rp60 juta, sedangkan jembatan kayu dengan cat warna warni sepanjang 60 meter sebesar Rp114 juta.

Najib Karim menambahkan, pada tahun 2022 mendatang, akan dilanjutkan lagi pembangunan jembatan sepanjang 60 meter sehingga pengunjung yang ingin menyalurkan hobbynya untuk memancing dapat terlaksana. “Insya Allah tahun depan akan kita tambahkan lagi panjang jembatannya kurang lebih 60 meter, sehingga kalau ada pengunjung yang akan memancing, bisa menyalurkan hobinya,” jelasnya.

Taman Wisata tersebut diresmikan oleh Bupati Morowali di awal tahun 2021/ dan pengelolaannya diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Tofuti.

Najib Karim juga memberikan tantangan kepada BUMDes Tofuti sebagai pengelola wisata mangrove agar mengelola dan mengembangkan wisata mangrove Laa Futu Beach, sehingga dapat membantu perkembangan dan kemajuan masyarakat Desa Tofuti, utamanya dari sektor perekonomian.

Sementara salah seorang pengunjung, Lika mengatakan bahwa dirinya baru sekali mengunjungi tempat tersebut, namun merasa nyaman dengan keindahan dan kebersihan serta panorama pantainya yang membuat suasana hati menjadi tenang. “Baru sekali ini saya datang kesini, pemandangannya indah, bersih dan nyaman,” tandasnya. (DRM)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here