CSR PT.SPN Bagikan 15 Ribu Bibit Tanaman Bagi Masyarakat Mori Utara

0
152
Foto: Penyerahan bibit tanaman secara simbolis kepada masyarakat penerima (Dok.Samuel)

MORUT, POSONEWS – Sejumlah desa di Kabupaten Morowali Utara menerima bantuan 7 jenis bibit  tanaman tahunan dari program CSR PT (SPN), Sabtu (22/11/21).

Bantuan bibit disalurkan secara simbolis kepada delapan kepala Desa yang berada dilingkar area perkebunan kelapa sawit PT SPN (sinergi perkebunan nusantara) Kecamatan Mori Utara. Yakni Desa Lembontonara, Desa Wawondula, Desa Tabarano, Desa Tiwa, Desa Tamunjengi, Desa Mayumba, Desa Peleru dan Desa Era. Penyerahannya bertempat di halaman Kantor PT SPN Desa Lembontonara Kecamatan Mori Utara Kabupaten Morowali Utara.

Hadir dalam penyerahan bantuan bibit tersebut adalah, Dirut SPN Misran bersama jajarannya, Kadis Kehutanan Sulteng Dr. Ir,H Nahardi MM. IPU didampingi oleh UPT KPH Tepo Asa Aroa Kabupaten Morowali Utara, UPT KPH Donggala, UPT KPH Kulawi, UPT KPH Sintuwu Maroso Kabupaten Poso, Kapolsek Mori Atas, Camat Mori Utara dan para kepala kepala desa se ecamatan Mori Utara Kabupaten Morowali Utara.

Dirut PT SPN (sinergi perkebunan nusantara) Misran, pada sambutanya mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama tahap pertama antara Pemerintah Propinsi Sulteng melalui Dinas Kehutanan dengan UPT KPH Kehutanan Tepo Asa Aroa Kabupaten Morowali Utara melalui program CSR (corporate social responsibility) PT SPN.

“Semoga tahap berikutnya akan kita tetap lanjutkan dengan yang lebih besar lagi,” ujarnya.  

Misran juga mengatakan Program CSR dari PT SPN Ini adalah sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan dalam membina dan menjalin hubungan dengan masyarakat dan semua stake holder di wilayah ini serta kepedulian kepada masyarakat.

Misran berharap melaui program CSR penyerahan bantuan bibit ini kepada petani penerima bantuan, bisa memberikan dampak tidak hanya kepada pelestarian lingkungan, tetapi juga bisa meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan keluarga sebagai berkah, dengan kunci sukses yakni kekuatan pikiran positif dan kekuatan tekad.

Ada 7Jenis bibit yang diserahkan adalah bibit durian montong, bibit pala, bibit nantu, bibit ketapang, Bibit manohara, kemiri dan Bibit alpokat. yang diberikan kepada warga di delapan desa tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Sulteng Dr.ir.H Nahardi MM, IPU dalam sambutannya mengharapkan kepada masyarakat penerima bantuan kiranya bantuan bibit ini dapat bermamfaat dan kelak sudah bisa berbuah 3 tahun atau 4 tahun mendatang dan dapat menambah ekonomi pendapatan masyarakat ditengah pandemi ini.

Pada kesempatan itu pula atas nama Pemprov Sulteng, Nahardi berterimah kasih kepada Direksi dan jajaran PT SPN karena sudah membantu masyarakat dalam upaya tanggung jawab kepedulian terhadap lingkungan dan social, sesuai misi gubernur diperiode ini untuk mendorong salah satu misi pemberdaaan masyarakat.

“Ini merupakan salah satu wujud nyata dalam merespon positif kebutuhan masyarakat sekitar, karena bertujuan untuk memajukan ekonomi masyarakat, imbuhnya.

Apa yang dilakukan PT.SPN kata Nahardi merupakan komitmen sosial kepada masyarakat yang berada di seputaran perkebunan. Iapun berharap PT SPN bisa terus bertumbuh dengan baik. Bukan semata mata untuk kepentingan sendiri tapi lebih untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat dan semoga kegiatan ini tidak menjadi awal dan akhir. Tetapi akan terus berkelanjutan dalam kegiatan sosial dalam membantu masyarakat sekitar apalagi disaat pandemi covid 19 seprti yang sedang melanda daerah dan negara kita sekarang ini.

“Kami juga berharap kepada camat dan kepala desa untuk kiranya mengawal penerima bantuan bibit ini agar bisa memastikan bantuan diterima oleh warga akan dirawat sehingga dapat menambah penghasilan masyarakat nantinya,” kata Nahardi.

Sementara itu UPT KPH Tepo Asa Aroa Morowali Utara Aries Widjajanto, SH mengatakan, pembagian bibit durian tersebut untuk masing masing desa memperoleh 1.875 pohon, dari 15.000 pohon yang disediakan.

“Pemberian bibit sebanyak 15.000 bibit durian  yang diberikan kepada warga di delapan desa di Kecamatan Mori Utara ini merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang diharapkan bisa mengembangkan perekonomian masyarakat serta menambah asri lingkungan sekitar,” katanya.

Sementara itu dalam kesempatan ini juga, Camat Mori Utara Yeslian Suade  mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan kepada desa dan masyarakatnya.

“Kami bersama kepala desa penerima bantuan bibit ini akan memastikan bahwa durian yang diterima oleh warga akan dirawat sehingga dapat menambah penghasilan masyarakat nantinya dan berharap kegiatan ini tetap berlanjutan,” ucapnya. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here