Antisipasi Luapan Air Saat Hujan, Pemdes Tagolu Bangun Drainase

0
Foto: Proyek drainase Desa Tagolu yang dibangun secara swakelola oleh masyarakat setempat dengan menggunakan anggaran dana desa tahun 2021 (Yanto)

TAGOLU, POSONEWS – Pemerintah Desa (Pemdes) Tagolu Kecamatan Lage Kabupaten Poso memanfaatkan anggaran Dana Desa tahun 2021 dengan membangun Drainase sepanjang 265 meter.

Pembangunan sistem pembuangan atau saluran air di kawasan pemukiman warga seputaran lapangan sepak bola Dusun 1 RT 2 ini dibuat menggigat luapan air pada musim penghujan tiba sering mengenangi perumahan warga yang berada di sekitar kawasan tersebut.

Karenanya, lewat anggaran yang ada menjadi salah satu prioritas kebutuhan pembangunan yang harus di lakukan. Pembangunan drainase desa tersebut menelan anggaran Dana Desa sebesar Rp 110,100 juta.

- Advertisement -

“Atas dasar itu, kami sebagai pemerintah desa dapat mewujudkan target RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah). Dengan adanya pembangunan ini diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat pembangunan lewat anggaran dana desa yang sudah di sepakati bersama mulai dari tingkat Dusun sampai Musrembang desa dan Kecamatan,” ungkap Kades Tagolu Irwan Ampulemba Sepatondu.

Dengan demikian, Ia berharap di tahun yang akan datang Dana Desa (DD) dapat digunakan serta dapat bermanfaat bagi kemajuan pembangunan dalam desa. Sehingga masyarakat dapat melihat bukti nyata pembangunan dalam desanya.

“Sebagai wujud kegunaan dari anggaran dana desa, kami sebagai pemerintah desa membangun Drainase sepanjang 265 meter beserta pembangunan lainnya dengan satu harapan agar perekonomian beserta pembangunan dapat meningkat dan dirasakan manfaatnya oleh setiap lapisan masyarakat desa,” jelas Irwan. YAN

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here