Rocky Gerung: Penguasa Telah Tergadaikan Oleh Oligarki

0
42
Tampak Akademisi sekaligus Pengamat Politik Rocky Gerung bersama Dekan Fakultas Hukum dan Ketua Himakum Unsimar Poso, saat memberikan mata kuliah Umum. (Foto:Bro)

PosoNewa.id, Poso- Akedemisi sekaligus pengamat politik yang dikenal kritis akan kekuasaan yang ada saat ini, Bung Rocky Gerung, pada Sabtu 13 Novonber 2021, menjadi pemateri tunggal (Dosen Tamu) pada kuliah umum yang digelar pihak fakultas hukum Universitas Sintuwu Maroso (UNSIMAR) Poso, tahun Akademik 2021/2022.

Mata kuliah umum dengan mengangkat tema, kebijakan publik di bidang pengelolaan sumber daya alam daerah dalam perspektif Otonomi Daerah ini, seyogyanya di peruntukan bagi mahasiswa fakultas hukum semester 1, 3 dan 5. Namun, banyaknya peminat dari fakultas lain, bahkan sejumlah aktivis NGO, serta sejumlah jurnalis yang juga berkeinginan mengikuti giat tersebut, membuat panitia menambah puluhan kursi kepesertaan.

Sementara itu, dalam materi kuliah umumnya sosok Rocky Gerung antara lain mengupas isu isu terkini terkait kebijakan penguasa (pemerintah) yang tidak populis serta tidak pro pada kepentingan masyarakat luas.

Dikatakan Rocky, selain tidak memiliki konsep yang jelas dalam menjalankan roda pemerintahannya, penguasa saat ini telah tergadaikan oleh kuatnya jeratan korporasi (oligarki).

“Penguasa hari ini telah tergadaikan dengan kepentingan oligarki,” kata Rocky

Dikatakan, dirinya tidak bermasalah dengan kepentingan koorporasi, karena sudah sewajarnya dalam benak koorporasi adalah akumulasi.

“Justru yang bermasalah jika penguasa hari adalah bagian yang ikut berbinis dengan pihak koorporasi” urainya.

Dalam kondisi yang serba tidak pasti inilah kata Rock, peran intelektual kampus (Mahasiswa) yang diharapkan menjadi pioner menjawab ekspektasi masyarakat (Rakyat).

Tambah Rocky, bukan saatnya kampus menjadi media membangun spirit ideaslisme, tapi terbangunnya semangat intelektual sosial.

Menariknya, pada sesi tanya jawab, saat terlontar pertanyaan, kenapa bung Rocky terkesan terlalu kritis dan tajam terhadap kekuasaan hari ini, tapi tidak memberi solusi? Jawab Rocky, kita semua ini membayar pajak. Mereka dibayar (Gaji) dan difasilitasi dengan pajak yang kita bayar, maka mereka yang harus mencari Solusi.

“Mereka dibayar mahal dari pajak, masa rakyat lagi yang harus memcari solusi,” pungkas Rocky. (FAIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here