Bimtek Penggunaan Aplikasi E-Bupot/Siskeudes Digelar PSL-KP dan Dinas PMD Touna

0
72
Foto: Sekda Touna Syarif Lasawedi saat memberi sambutan dalam giat Bimtek penggunaan aplikasi E-Bupot dan pembagian database aplikasi sistem keuangan desa (Dok.CND)

TOUNA, POSONEWS – Pusat Studi Lingkungan dan Kebijakan Publik (PSL-KP) berkerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tojo Unauna, melaksanakan Bimbingan Teknis Aplikasi E-BUPOT dan pembagian aplikasi SISKEUDES versi 2.0.4 tahun anggaran 2022 di Hotel Lawak, Kamis (28/10/2021).

Sekda Touna Syarif Lasawedi dalam sambutannya mengatakan, hari ini peserta mengikuti Bimtek aplikasi E_BUPOT yang resmi, merupakan bentuk peningkatan layanan pajak bagi masyarakat Indonesia, yang telah memasuki era digital.

Hadirnya yang disediakan oleh Direktorat Jedral Pajak untuk membuat bukti pemotongan dan pelaporan pajak dalam betuk dokumen elektronik dan memudahkan proses perpajakan.

Pelaksanaan Bimtek berbasis aplikasi ini merupakan kegiatan bermakna strategis dan sangat penting untuk dilaksanakan, karena pemerintah saat ini baik ditingkat pusat, provinsi dan kabupaten mengharapkan anggaran harus dikelola dengan baik agar tidak berdampak buruk bagi desa.

Oleh karena itu diharapkan dalam Bimtek ini nantinya berdampak besar bagi pengelolaan keuangan ditingkat desa, sebagai pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja desa APBDS agar mempercepat terealisasinya penggunaan keuangan desa, adanya taranparansi dalam pengelolaan keuangan desa.

“Mengngigat besarnya anggaran yang dikelola oleh desa saat ini, membawa tuntutan cara kerja profesional efektif, efisien, transparan serta akuntabel dengan prinsip pengelolaan keuangan desa yang baik,” jelas Syarif.

Kabupaten Tojo Unauna yang sudah delapan kali mendapatkan opini WTP (wajar tanpa pengecualiaan) dan yang terbaik se-Sulawesi Tengah, untuk realisasi dana desa sampai dengan bulan September 2021.

“Untuk itu saya menghimbau kepada para peserta Bimtek agar pengelolaan keuangan desa harus benar benar dapat di pertanggung jawabkan. Tinggalkan cara cara yang lama dengan pertanggung jawaban seenaknya karena keuangan desa menjadi bagian pertanggung jawaban Bupati Touna,” imbuhnya.

Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Tojo Unauna, Sekda mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Terima kasih kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang berkerja sama dengan lembaga PSL-KP Touna, dengan secara tepat dan cepat mengrespon regulasi pemerintah tentang pengelolaan keuangan desa, yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan kapasitas kinerja pemerintah desa,” tutupnya. (CND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here