7 Fraksi DPRD Touna Setujui Ranperda APBD Perubahan 2021

0
146
Foto: Ketua DPRD Touna bersama Bupati Touna saat menghadiri paripurna tentang Ranperda APBD Perubahan tahun 2021 (Dok. Posonews)

TOUNA, POSONEWS – DPRD Kabupaten Tojo Una Una menggelar dua agenda rapat paripurna dalam rangka persetujuan bersama terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2021, dan pembahasan enam Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Tojo Una una tahun 2021.

Dalam rapat paripurna yang dihadiri Bupati Tojo Una Una Muhammad Lahay, Wakil Bupati Tojo Una Una Ilham Lawidu itu, Ketua DPRD Kabupaten Tojo Una Una Mahmud Lahay mengatakan, paripurna ini untuk mengevaluasi penganggaran APBD agar menghasilkan dokumen perencanaan lebih tepat sasaran, dan mampu menjawab kebutuhan yang berkembang.

“Saran maupun kritikan dari anggota dewan yang terhormat yang disampaikan melalui pendapat Fraksi dan Badan Anggaran terhadap kinerja OPD, kami yakini sebagai bagian kepedulian dari segenap anggota DPRD untuk menjadikan masing masing OPD agar lebih responsif dan kreatif dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai aparatur pelayanan publik,” katanya dalam pidato sambutan rapat Paripurna, Selasa.

Dia berpesan kepada jajaran apartur pemerintahan daerah, khususnya kepada OPD, agar bekerja lebih giat dan fokus, serta mampu menerjemahkan dan mengimplementasikan program dan kegiatan yang betul – betul mampu menyentuh dan memberikan solusi dari akar permasalahan di masyarakat.

“Jangan sampai kegiatan OPD tidak hanya habis pada pelaksanaan belanja yang sifatnya operasional. Sehingga apa yang dilaksanakan mampu memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Dinamika yang terjadi dalam proses pembahasan rancangan perubahan APBD ini, kata legislator Nasdem itu, agar dijadikan sebagai momen perbaikan untuk lebih meningkatkan kualitas perencanaan anggaran.

“Agar natinya menghasilkan APBD yang dapat merepresentasikan kebutuhan masyarakat secara nyata, utuh dan berkesinambungan, sesuai dengan kaidah dan aturan perundangan yang berlaku, serta dapat dipertanggungjawabkan dalam pelaksanaannya,” bebernya.

Adapun beberapa point pendapat akhir Kepala Daerah, proses legilasi terhadap rancangan peraturan daerah terhadap perubahan APBD ini, merupakan salah satu wujud kemitraan yang baik, antara eksekutif dan legislatif dalam upaya melahirkan APBD yang tepat waktu, berdasarkan ketentuan perundang – undangan agar segera diimplementasikan untuk penyelenggaraan pemerintah derah dan pelayanan kepada masyarakat.

Dia juga mengajak eksekutif dan legislatif bersama – sama berkomitmen dan bersemangat untuk membangun Kabupaten Tojo Una-Una, yang salah satunya dengan melahirkan APBD yang merepresentasikan kebutuhan masyarakat, yang dibangun diatas jalinan kerjasama yang baik, antara pihak legislatif dan pihak eksekutif sebagai komponen ruang tidak terpisahkan dari bingkai pemerintahn daerah Kabupaten Tojo Una-una.

Sementara enam rancangan peraturan daerah tahun 2021 yang digodok adalah, pertama, Rancangan Peraturan Daerah (RPD) tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Tojo Una una tahun 2021-2026. Kedua, RPD tentang pengarustamaan Gender. Ketiga, RPD tentang kesejahteraan lanjut usia.

Keempat, RPD tentang pengelolaan permakaman. Kelima, RPD tentang perubahan atas peraturan daerah nomor 6 tahun 2012 tentang retribusi tempat pelelangan. Keenam, RPD tentang pencabutan peraturan daerah Kabupaten Tojo Una Una Nomor 10 tahun 2015, tentang tata cara tuntutan ganti kerugian daerah.

RPD tentang perubahan APBD Kabupaten Tojo Una una tahun anggaran 2021 telah dibahas oleh Badan Anggaran bersama tim anggaran pemerintah daerah, pada tanggal 15 September 2021.

Hasil pembahasan terhadap rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD Kabupaten Tojo Una Una tahun anggaran 2021 telah dituangkan dalam laporan Badan Anggaran DPRD.

Sebanyak 19 anggota DPRD Touna yang hadir menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang perubahan APBD Kabupaten Tojo Una-una tahun anggaran 2021, dan telah dilakukan penandatanganan persetujuan bersama terhadap rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2021.

“Keputusan DPRD Kabupaten Tojo Una una nomor 12 tahun 2021 tentang persetujuan terhadap rancangan peraturan daerah, tentang perubahan APBD tahun anggaran 2021 ditetapkan di Ampana pada tanggal 21 September 2021,” jelas Ketua DPRD.

Tujuh Fraksi DPRD menerima dan menyetujui enam usulan rancangan peraturan daerah Kabupaten Tojo Una-una tahun 2021 dibahas pada tingkat pembahasan selanjutnya.

Mulai tanggal 22 September 2021, enam RPD akan dibahas oleh badan pembentukan peraturan daerah DPRD bersama Bupati Tojo Una una. CND

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here