KUA – PPAS Touna 2022 Mulai Diparipurnakan

0
167

TOUNA, POSONEWS – Pemerintah Daerah bersama DPRD Kabupaten Tojo Unauna mulai menggelar rapat Paripurna  penyampaian laporan dari Badan Anggaran terkait hasil pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Pelapon Anggaran Sementara  (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun Anggaran 2022, di ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Touna, Kamis (19/08/2021).

Rapat paripurna itu hanya diikuti 19 dari 25 anggota Dewan Touna. Ketua DPRD Touna Mahmud Lahay saat memimpin sidang mengaku, sesuai ketentuan pasal 89 Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019, tentang pengelola keuangan daerah menegaskan, bahwa kepala daerah menyusun rancangan KUA dan Rancangan PPAS berdasarkan RKPD dengan mengacu pada pedoman penyusunan APBD.

Rancangan KUA memuat kondisi ekonomi makro daerah, asumsi penyusunan APBD, kebijakan pedapatan daerah, kebijakan pembiyaan daerah dan strategi pencapaian.

“Penyusunan rancangan PPAS disusun dengan tahapan menentukan skala prioritas pembangunan daerah, menentukan prioritas program dan kegitatan untuk masing-masing urusan,” katanya.

Semua program tersebut, disinkronkan dengan prioritas dan program nasional yang tercantum dalam rencana kerja pemerintah pusat setiap tahun, dan menyusun capain kerja, sasaran.dan plafon anggaran sementara untuk masing-masing program dan kegiatan.

“Kegiatan tahun anggaran 2022 telah disampaikan oleh Bupati Tojo Unauna kepada DPRD, sesuai surat pengantar no 045.2/476/BPKAD tanggal 10 Agustus 2021, untuk dibahas dan disepakati bersama antara bupati dan DPRD Touna,” tegasnya.

Berdasarkan dengan ketentuan tersebut, maka rancangan KUA APBD Kabupaten Tojo Una una, tahun anggaran 2022 akan dibahas oleh Badan Anggaran DPRD, bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Adapun dana rancangan PPAS APBD akan dibahas setelah Badan Anggaran melakukan konsultasi dengan komisi. (CND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here