Danlanal Palu Beri Penghargaan Bidan Awanti

0
158

PosoNews.id, Palu- TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu bersama jajaran Koarmada II memberikan apresiasi dan perhatian khusus atas aksi heroik yang dilakukan Bidan Awanti Pangas, sempat viral di Media Sosial (Medsos).

Pada unggahan Fb salah seorang netizen terlihat Bidan Awanti membantu proses persalinan seorang ibu di atas perahu saat gelombang tinggi terjadi.

Danlanal Palu, Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting M.Tr.Hanla diwakili Letkol Laut (PM) Priyo Yudhono Palaksa menuturkan, Bidan Awanti pantas menerima dan mendapatkan apresiasi dan penghargaan atas keberaniannya.

Sebagai tenaga kesehatan, kata Danlanal, Awanti mengambil risiko tinggi untuk membantu masyarakat di pedalaman.

“Persalinan itu berisiko tinggi karena ibu yang melahirkan di perahu itu mengalami hipertensi dan sudah berusia 42 tahun. Dan itu adalah kelahiran anak kedelapan,” kata Marthin Luther Ginting, Rabu (28/7/2021).

Olehnya, penghargaan yang diberikan ini diharapkan agar Bidan Awanti terus semangat dalam mengabdi sebagai tenaga kesehatan (nakes) untuk membantu masyarakat di kawasan pulau Bangkurung.

Seperti diberitakan sejumlah media lokal, saat melakukan pertolongan proses persalinan di atas perahu itu, meski sedikit panik, bidan Awanti tetap berupaya tenang dan fokus.

Persalinan itu terjadi saat perahu itu dalam perjalanan merujuk pasien dari Puskesmas Lantibung ke RSUD Luwuk, di tengah cuaca kurang bersahabat.

Acara pemberian penghargaan berlangsung di Mako Pangkalan TNI AL Palu dihadiri Sofyan Kaefa Bupati Banggai Laut, Wakil Ketua 1 DPRD Banggai Laut, Ketua Badan Kehormatan DPRD, staf Pemda Banggai Laut, juga perwira staf Lanal Palu.

Kegiatan ini juga dimonitor langsung dari Mabes TNI AL melalui sarana video conference.(*/DRM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here