Peningkatan Covid Meledak, Mantan Bupati Poso Prihatin

0
511

POSONEWS.ID – Jumlah warga Kabupaten Poso yang terpapar Covid-19 dari hari kehari terus mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan lonjakan terjadi hampir merata di semua wilayah. Tak heran jika Poso kemudian menjadi salah satu wilayah di Sulteng yang memberi kontribusi cukup besar dalam hal peningkatan penyebaran Covid-19.

Berdasarkan laporan harian surveilans ketat Dinas Kesehatan Kabupaten Poso dalam sepekan terakhir, rata rata penambahan jumlah warga yang terpapar Covid berkisar 20 hingga 50 orang dalam setiap harinya. Angka ini merupakan rekor  baru dalam jumlah peningkatan kasus Covid di daerah ini dalam setahun terakhir.

Bahkan saat ini jumlah warga Poso yang terkonfirmasi Positif dan masih dalam penanganan telah menembus angka 589 orang atau bertambah 68 orang dari hari sebelumnya.  

Kondisi ini menimbulkan keprihatinan dari sejumlah pihak, termasuk Mantan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu.

“Peningkatan angka Covid di Poso sudah meledak. Jumlahnya sudah mencapai separuh seribu. Kondisi ini menunjukkan bahwa saat ini daerah kita sedang tidak baik baik saja,” tulis Darmin.

Menurutnya, masyarakat saat ini membutuhkan Role Model untuk sebuah ihtiar dalam pemulihan daerah ini agar terhindar dari masifnya penyebaran  virus berbahaya itu.

“Jangan hanya sekedar mengajak serta menghimbau masyarakat untuk menerapkan Prokes serta lakukan Vaksinasi dalam menghadapi situasi saat ini jika Kita Sendiri  belum melaksanakannya,” tambah purnawirawan Marinir yang kini menjabat Ketua DPD Golkar Kabupaten Poso itu.

Diperlukan keteladanan untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dengan tetap patuh dan taat pada Protokol Kesehatan. Tidak ada lagi pementingan diri sendiri, karena masalah ini adalah masalah bersama.

“Himbauan perlu, tapi memberikan contoh dan teladan lebih penting. Perketat Prokes dan terus lakukan vaksinasi. Berikan contoh dan jadikanlah dirimu sebagai contoh yang baik. Ingat kebiasaan untuk menerapkan Prokes jangan pernah kendor dan hilang, karena Covid juga belum mau hilang,” himbaunya.

Jumlah akumulasi angka konfirmasi Covid di Kabupaten Poso saat ini telah mencapai 2.487 dengan jumlah penderita yang sembuh mencapai 1.871 dan 75 orang meninggal dunia.  Sementara akumulasi data Covid-19 di Sulteng hingga Senin (19/7) mencatat, jumlah warga terkonfirmasi telah mencapai 17.065 orang, sembuh  13.726 dan 478 meninggal dunia. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here