Rekrutmen Honorer di Touna Dihentikan, Disarankan Ikut Seleksi PPPK

0
219
Foto: Syarif Lasawedi

TOUNA, POSONEWS – Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna mulai tahun 2021 ini telah menyetop rekrutmen pegawai honorer dilingkup Pemda Touna.

Penyetopan rekrutmen pegawai honorer ini berdasarkan surat keputusan Bupati Touna Muh. Lahay. Alasannya, selain menjadi beban keuangan daerah, juga berdasarkan edaran Badan Kepegawaian Negara (BKN), agar Pemda tak lagi melakukan pengangkatan pegawai kontrak di instansi pemerintahan.

Hal ini juga setelah pemerintah membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Poin yang paling penting dalam edaran bupati Touna adalah agar OPD maupun instansi lainnya untuk tidak lagi merekrut tenaga honorer, ” kata Pj Sekda Touna Syarif Lasawedi, baru-baru ini.

Edaran bupati ini ditekankan agar menjadi perhatian para Kepala OPD. Sebab, masih banyak Kepala OPD atau instansi lainnya yang merekrut tenaga honorer secara sepihak tanpa sepengetahuan bupati, dan hal ini menjadi beban daerah dikemudian hari.

Namun demikian, pegawai honorer yang terdaftar sebelum edaran ini dikeluarkan bupati masih bisa bekerja, tidak akan diberhentikan oleh Pemda. Kata Syarif, mereka masih tetap bekerja seperti biasa dan bisa mengikuti seleksi penerimaan PPPK.

Pemda Touna masih akan mengkaji lagi, apakah tahun-tahun ke depannya akan mengangkat tenaga honorer atau tidak.

“Semua akan dilihat kebutuhan OPD dan keuangan daerah. Sebab Pemda Touna masih kekurangan tenaga guru dan kesehatan. Sehingga kemungkinan merekrut honorer guru dan tenaga kesehatan itu masih ada pada tahun depan,” tutup Syarif yang juga Kepala BKD Pemda Touna itu. CND

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here