Bupati Delis Tinjau Pos Penyekatan Arus Mudik di Perbatasan

0
228
Foto: Bupati Morowali Utara dr.Delis Julkarson Hehi Mars dan rombongan saat melakukan peninjauan pos penyekatan di wilayah perbatasan Kabupaten Poso dan Kabupaten Morut tepatnya di Desa Tiwaa Kecamatan Mori Utara (Dok.Humas Morut)

MORUT, POSONEWS –  Bupati Morowali Utara dr.Delis Julkarson Hehi Mars melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau Pos Penyekatan Arus Mudik Cek Poin Covid-19 di perbatasan Kabupaten Poso dan Kabupaten Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di gerbang pintu masuk Desa Tiwaa Kecamatan Mori Utara. Dalam kesempatan itu Bupati sekaligus memberikan bantuan suport kepada para petugas Posko yang berjaga. Kedatangan Bupati disambut langsung Camat Mori Atas dan Camat Mori Utara serta Kapus Mayumba Minggu (9/5/2021) sore.

Turut mendampingi Bupati Morowali Utara, Ketua pengerak PKK, Ny. Febryanti Hongkiriwang, Asisten 1 Drs. Viktor Tamehi, Kadis Kesehatan Delnan Lauende, Kasat Pol PP Buharman Lambuli, Kadis BNPB Nimrod Tandi, Wakapolsek Mori Atas, Ipda Rudi dan Pabung Mayor Inf Lanto N Toparena dari Kodim 1311 Morowali.

Bupati Morowali Utara dr Delis Julkarson Hehi dalam kegiatan tersebut menyampaikan, penyekatan larangan mudik yang berlaku dari Tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 sesuai dengan edaran pemerintah untuk semua orang yang ingin memasuki wilayah, khususnya Kabupaten Morowali Utara.

“Akan tetapi, kalau yang ingin memasuki wilayah Morowali Utara memiliki kepentingan, apalagi kepentingan Negara/Pemerintah, juga untuk pasokan sembako atau barang diperbolehkan dengan catatan memiliki keterangan rapid tes Antigen atau Swab,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan jika kendaraan angkutan barang atau sembako, maka petugas posko yang akan melakukan tes tersebut agar semuanya berjalan dengan lancar.

“Tesnya juga hanya 15 menit dan hasilnya akan keluar, karena tim Kesehatan akan siap disini untuk melakukan Rapid tes Antigen,”  tambahnya.

Kemudian, ia menyebutkan bahwa pembangunan posko di perbatasan dilakukan agar siapa saja yang hendak memasuki wilayah Kabupaten Morowali Utara benar benar dalam keadaan yang sehat.

“Dan yang bersangkutan bisa menunjukan hasil tes antigennya kepada petugas yang berjaga disini. Jika tidak bisa menunjukan maka petugas kita akan melakukan tes antigen ditempat, dengan catatan yang bersangkutan memang memiliki urusan yang sangat penting di Morowali Utara,” terangnya.

Lebih lanjut, Delis mengatakan bahwa apa yang dilakukan ini untuk Kesehatan masyarakat dan menghindari penularan Covid-19 serta untuk memutus mata rantai penularannya.

“Kita harapkan masyarakat selalu mamatuhi Protokol Kesehatan. Karena masker sudah sering dibagikan secara gratis untuk selalu digunakan apabila keluar rumah. Jaga kebersihan, hindari kerumunan dan menjaga jarak,” harapnya.

Iapun menghimbau masyarakat agar memaklumi dan bisa mematuhi aturan ini karna demi menjaga kesehatan kita bersama dan terus menjaga kebersihan diri. Jjuga menjaga kebersihan lingkungan serta rajin berolah raga dan kemudian makan makanan yang bergizi, karena itu penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

“Kembali lagi apa yang kita lakukan ini semata mata adalah demi keselamatan dan Kesehatan kita bersama khususnya masyarakat Morowali Utara. Demikian pula kepada petugas yang melayani di semua posko perbatasan dalam menjalankan tugasnya, agar kiranya selalu melayani masyarakat dengan baik, dan selalu menjaga kesehatan,” pungkasnya.

Sebelumnya bupati dan rombongan, juga sudah mengunjungi pos perbatasan Provinsi Sulteng  dan Sulsel yang tepatnya di Desa Dolupo Karya Kecamatan Lembo Raya. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here