Warga Cendana Minta Segera Perbaiki Jalan Putus Akibat Abrasi

0
63
Jalan putus akibat abrasi

PosoNews.id, Touna- Abrasi yang terjadi di Pulau Una-Una, Desa Cendana Kabupaten Tojo Una-Una Provinsi Sulteng mengakibatkan terjadinya kerusakan jalan. Sehingga akses jalan satu-satunya desa tersebut putus, Kamis (6/5/2021).

Kades Cendana, Abd.Manan Labatco mengatakan, putusnya akses jalanan itu disebabkan pengaruh perubahan Iklim yang tidak menentu. Sehingga 75 % kerusakan jalan di sebabkan oleh Abrasi pantai.

“Kalau kita lihat kemarin akses jalan yang putus itu baru sekitar 300 M, sekarang sudah hampir 500 M. Padahal kejadian ini sudah saya laporkan ke BPBD Touna dengan mengajukan proposal perbaikan Infrastruktur jalan yang sudah disposisi oleh bupati. Namun hingga sekarang belum juga ada kejelasan,” ujarnya.

Dibeberkannya, bahwa rencana perbaikan jalan tersebut sebenarnya sudah lama diwacanakan oleh pemerintah desa sebelumnya. Pihaknya masih menunggu hasil janji politik Bupati terpilih.

Dia mengakui bahwa alokasi dana jalan rusak itu sebenarnya ada. Namun karena terkendala Covid-19, mengakibatkan banyak perubahan regulasi. Sehingga, perbaikan jalan belum bisa terlaksanakan.

“Terpaksa kita menunggu lagi tahun berikutnya untuk pelaksanaan program perbaikan Infrastruktur jalan tersebut,” katannya.

Salah seorang warga, Arsadi Madiaja menambahkan, perbaikan jalan tidak bisa di tunda-tunda terlalu lama, karena jalan itu sumber ekonomi dan sumber pendidikan bagi masyarakat.

“Kami berharap, pemerintah harus cepat turun memeriksa, supaya pemerintah lebih tahu langkah apa yang harus di ambil untuk mengatasi terjadi kecelakaan baik penggunaan transportasi laut dan transportasi jalan,” pungkasnya.

Reporter: Sofyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here