Dampak Debu dan Asap PT.COR, Puluhan Emak Emak Datangi DPRD Morut

0
115
Foto: Puluhan emak emak mendatangi kantor DPRD Morut. Mereka terpaksa harus mendirikan tenda sambil menunggu relisasi dari janji pihak perusahaan yang akan merelokasi mereka. (Foto: Samuel)

POSONEWS, MORUT – Warga dusun V Lambolo Desa Ganda Ganda Kecamatan Petasia Kabupaten Morowali Utara, yang rata rata terdiri dari emak emak membawa anak anak mereka termasuk yang masih bayi memenuhi halaman depan kantor DPRD Morowali Utara Selasa (16/03/2021).

Kedatangan emak emak ke DPRD ini, dipicu setelah kesepakatan antara anggota DPRD bersama managemen PT.COR dan warga sejak tahun lalu tak kunjung ditepati. Kesepakatan itu berupa relokasi pemukiman warga terdampak asap dan debu dari aktifitas perusahaan PT.COR.

Setelah kesekian kalinya dimediasi oleh komisi 1 DPRD Morut dengan mempertemukan pihak PT. COR dan warga terdampak aktifitas perusahaan di dusun V Lambolo sebelumnya disepakati akan menunggu kehadiran KJPP dari Makassar yang akan menilai ganti rugi.

Namun kesepakatan itu tidak kunjung ada titik terangnya. Akibatnya puluhan warga yang kesal mendatangi kantor DPRD Morowali utara untuk mendesak DPRD agar pihak PT COR menepati janjinya.

Aksi emak emak ini terhalang saat tiba di pintu pagar gedung parlemen. Mereka dihadang oleh aparat keamanan.
Karena dihalau aparat keamanan tidak diisinkan untuk masuk ke halaman kantor DPRD, warga terpaksa memilih bertahan diluar pagar kantor dengan membuat tenda sampai janji relokasi mandiri dilakukan.

Sekitar pukul 12.15 wita, lima orang utusan dari warga pendemo berhasil diterima dan diisinkan masuk oleh petugas untuk menemui angota DPRD dari Komisi 1 yang dipimpin oleh Asrar Lawahe yang didampingi Abidin Hi. Lamatta, Yanto Baoli, Alidin Hadade dan Vany Tampake yang turut disaksikan oleh Wakapolres Morowali Utara.

Pantauan media ini, setelah terjadi perdebatan yang cukup alot antara utusan warga dan angota Komisi I DPRD Morut, pimpinan rapat Asrar Lawahe kemudian melakukan pangilan telfon kepada humas perusahaan PT. COR yang tidak sempat hadir pada pertemuan tersebut, untuk menjelaskan kepada warga dan peserta rapat mengenai tanggapan dari pihak perusahaan yang agar langsung didengarkan oleh semua peserta rapat.

Setelah mendengarkan tanggapan dari pihak PT COR melalui humasnya, para utusan warga pendemo merasa puas dan menunggu realisasi dari keputusan tersebut dan menyatakan siap akan melakukan demo kembali jika janji itu kelak tidak dipenuhi. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here