Kades Tokorondo Beberkan Sejumlah Pembangunan Selama Tiga Tahun

0
Kades Tokorondo Umar Dg.Situdju bersama Babinsa dan Babinkamtibmas saat menyerahkan Bansos berupa sembako bagi masyarakatnya. (Foto: Dok.Pemdes Tokorondo)
- Advertisement -

PosoNews.id, Tokorondo- Dalam menata desa bukan hal yang mudah dilakukan baik dari segi sosial, budaya, ekonomi dan agama. Perlu kehatian hatian menerapkan langkah kebijakan dalam mengatur kemajuan pembangunan di desa sehingga di perlukan langkah-langkah strategis yang konkrit dan berkesinambungan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Selaku Kades tentu kita mendapat amanah dari masyarakat. karena itu amanah yang diberikan mesti kita jaga dengan melakukan penataan di desa baik dari segi sosial, ekonomi, budaya dan agama yang ada di tengah masyarakat,” kata kepala Desa Tokorondo Kecamatan Poso Pesisir Umar Dg.Situdju.

Ditambahkan olehnya, diera keterbukaan saat ini masyarakat sudah pintar menilai dan memberikan masukan kepada Pemdes. “Kapanpun dan dimanapun kita harus selalu siap berdiskusi dengan warga sebagai bentuk perhatian dan kepedulian untuk mendengar aspirasi mereka. Masyarakat tidak berharap retorika, tetapi fakta apa yang kita bisa lakukan untuk membangun desa,” tandasnya.

Selama tiga tahun menjabat Kades Tokorondo, Umar mengaku telah banyak yang dilakukan melalui anggaran Dana Desa. Diantaranya mengembangkan bidang perikanan melalui pengadaan mesin katinting untuk warga nelayan serta pengadaan bibit untuk perkebunan yang telah dibagikan ke pada masyarakat

- Advertisement -

“Selain itu yang terpenting Pemdes juga telah membangun rumah warga layak huni bagi warga yang tergolong miskin dan itu sudah di tempati, disamping melakukan pembenahan infrastruktur di dalam desa,” tambah Umar.

Sementara itu dari segi kemanan Desa Tokorondo selama tiga tahun ini sambung Umar, tidak ada lagi minuman keras dan narkoba, semuanya telah dibasmi agar keamanan masyarakat terjamin.

“Pemdes juga mendorong masyarakat untuk membuka lahan tidur, sehingga bagi warga yang belum mempunyai lahan agar dapat berkebun dan bertani. Itu semua kami lakukan demi kesejahteraan rakyat semata,” imbuhnya.

Selama masa pandemi covid-19 ini, Pemdes Tokorondo juga menyerahkan Bansos bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas bagi masyarakat miskin sehingga semua berjalan lancar demi kepentingan rakyat.

“Semua yang saya programkan dan laksanakan di desa yang telah berhasil tidak lepas dari kerja sama semua pihak masyarakat Tokorondo,” kuncinya. ARS

- Advertisement -