Bupati Poso: Perlu Langkah Konkrit Untuk Kembangkan Pariwisata

0
Pjs.Bupati Poso Arfan saat membuka acara sosialisasi Pengembangan Potensi Pariwisata di Hotel 77 Poso, Kamis (26/11) (Foto:Humas Pemda Poso)
- Advertisement -

PosoNews.id, Poso- Pjs. Bupati Poso Drs. Arfan, M.Si membuka acara kegiatan sosialisasi hasil penelitian Pengembangan Potensi Pariwisata di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah.

Adapun diseminasi ini bertujuan untuk mensosialisasikan hasil-hasil Kelitbangan, yang dilakukan oleh Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi daerah Provinsi Sulteng khususnya dalam hal penelitian pengembangan kepariwisataan.

Kegiatan yang digelar di Hotel 77 Poso, Kamis (26/11) itu, turut di hadiri DR. Timuddin DG. Mangera Bouwo, M.Si, Sekkab Poso, Yan Edward Guluda SH.,MH, Kepala BPPIB Sulteng diwakili Ir. Djen. MM, Kadin, Gapensi, HIPMI dan 50 orang peserta dari instansi terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Poso Arfan menyebutkan, untuk mempercepat pembangunan dan pengembangan kepariwisataan daerah Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Poso, perlu adanya langkah langkah konkrit yang dilakukan.

- Advertisement -

Selain banyak hal yang harus dibenahi, kata Dia, promosi wajib dilakukan agar dunia luar tahu bahwa Kabupaten Poso memiliki destinasi wisata yang menarik.

“Pesona wisata di Kabupaten Poso tidak usah diragukan lagi, saya sudah berkeliling di semua lokasi wisata di Kabupaten Poso ini, untuk itu seluruh kawasan lokasi pariwisata ini wajib dipromosikan keluar,” ujar Arfan.

Dikatakan, ada beberapa tempat yang bisa digunakan sebagai lokasi syuting dan sekaligus akan mempromosikan pariwisata di Kabupaten Poso. Yaitu, wisata gunung Padamarari, Air Terjun Saluopa, Danau Poso Siuri, situs budaya Megalitik dan lain sebagainya.

“Mitra saya Pak Wawali Kota Palu alias Pasha Ungu mengaku siap akan menjadikan lokasi wisata Kabupaten Poso sebagai lokasi syutingnya,” ungkapnya.

Dia berharap agar rekomendasi strategis yang dilahirkan dalam penelitian akan ditindaklanjuti dalam bentuk rencana aksi daerah melalui OPD terkait. Dengan demikian upaya pemerintah Kabupaten Poso untuk dapat membangun tata kelola potensi kepariwisataan yang baik di masa mendatang dapat diwujudkan.(*)

- Advertisement -